Trends Economic Issues

Intip Peluang Pertumbuhan Logistik Indonesia pada 2024

Para pembicara dalam acara supply chain and logistics outlook Indonesia 2024. (foto Ubaidillah/SWA)

Ketika ekonomi global bergulat dengan tantangan pasca-COVID-19 dan konflik geopolitik, sektor logistik dan rantai pasokan berperan penting dalam perkembangan ekonomi Indonesia. Negara-negara maju menghadapi penurunan pertumbuhan, sementara negara-negara berkembang seperti Indonesia menunjukkan ketangguhannya.

Country Head Frost & Sullivan Indonesia Koh Eng Lok mengungkapkan, Indonesia telah mengalami pertumbuhan ekonomi yang solid dalam satu dekade terakhir. Dia menilai, RI juga telah membuat langkah yang signifikan dalam mengurangi biaya logistik, meningkatkan ekonomi digital serta mendorong pengembangan energi dan infrastruktur yang berkelanjutan.

“Pada2024, sektor logistik dan rantai pasokan Indonesia siap untuk tumbuh. Hal ini didorong oleh pasar domestik yang kuat dan transformasi rantai pasokan global yang sedang berlangsung,” ungkapnya, Selasa (16/01/2024).

Dia melanjutkan, dengan ekonomi yang diperkirakan akan stabil, terdapat peluang yang signifikan di berbagai bidang seperti digitalisasi, energi terbarukan dan pembangunan infrastruktur. Hal ini mencerminkan peningkatan efisiensi dan ketahanan ekonomi Indonesia.

Sementara itu, Ketua Umum Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) Mahendra Rianto mengatakan volume pasar logistik yang menjanjikan ini didorong oleh 14,29% kontribusi rantai pasok dan biaya logistik terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia. Ukuran pasar yang besar ini harus diberikan kepada perusahaan logistik pihak ketiga lokal yang segera menjadi pemain lokal kelas dunia.

“Fokus Indonesia pada pengurangan biaya dan kemajuan dalam ekonomi digital telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan sektor logistik. Untuk itu dapat memberikan peluang yang lebih besar bagi para pelaku bisnis yang terlibat,” ujarnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved