Technology Trends

Percepat Digitalisasi, Kominfo Gandeng PBNU Kembangkan 3 Klaster

Kementerian Komunikasi dan Informatika memperkuat kerja sama digitalisasi dengan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Pengembangan kerja sama ini mencakup tiga klaster yakni literasi digital dan pemberdayaan UMKM, talenta digital dan kepemimpinan digital, serta digitalisasi PBNU.

“Pengembangan kerja sama yang dibangun hari ini merupakan satu dari sekian banyak sinergi yang kami lakukan dengan berbagai pihak. Saya dan seluruh jajaran Kominfo terus berkomitmen menjalin kerja sama dengan stakeholders terkait secara inklusif dan konstruktif,” kata Menkominfo Budi Arie (18/01/2024).

Menkominfo menjelaskan tiga klaster kerja sama yang selama ini terjalin. Pertama untuk klaster program literasi digital tahun ini akan dikembangkan dalam bentuk pendampingan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). “Tahun ini, kami akan memberikan pendampingan adopsi teknologi digital UMKM di kalangan NU,” ujarnya.

Adapun klaster program digital talent scholarship, Menkominfo menyatakan tahun ini akan dikembangkan dengan mengundang para pimpinan PBNU maupun pimpinan perguruan tinggi NU. SDM di kedua institusi NU tersebut akan diikutkan dalam program Digital Leadership Academy (DLA).

“Pada tahun 2023 telah berjalan dengan baik dan menyasar kalangan sekolah dan pesantren NU. Sebagai bentuk pengembangan kerja sama, lewat Program DLA, Kominfo short course tentang kepemimpinan digital, yang bekerja sama dengan kampus ternama dunia, seperti Cambridge University, dan Oxford University,” tuturnya.

Dalam klaster ketiga, berkaitan dengan digitalisasi PBNU, Menkominfo berharap bisa mendukung digitalisasi baik organisasi dan pendidikan untuk mendukung visi besar PBNU ke depan. “Pada prinsipnya Kominfo akan mendukung implementasi roadmap transformasi digital yang sedang dirancang oleh PBNU,” ucapnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved