Property

Optimistis Hadapi 2024, Rumah123 Tawarkan Berbagai Fitur Baru

Marketplace properti Rumah123 mengungkapkan optimismenya menghadapi tahun 2024 dengan modal pertumbuhan ekonomi yang dinilai baik. Sepanjang 2023, Rumah123 mencatatkan pertumbuhan kunjungan sebesar 30% dibandingkan tahun 2022 dengan rata-rata pertumbuhan jumlah listing baru sebanyak 390.000 tiap bulannya.

“Saat ini Rumah123 dikunjungi 6 juta pencari properti setiap bulannya, digunakan puluhan ribu agen aktif, lebih dari 200 developer aktif, dan memiliki total listing properti aktif lebih dari 2 juta. Data terbaru menunjukkan bahwa dua dari tiga pencari rumah di Indonesia memilih Rumah123 sebagai langkah awal dalam proses pencarian properti sebelum melakukan pembelian properti,” jelas Wasudewan, CEO 99 Group Indonesia yang menaungi Rumah123 dan 99.co Indonesia dalam siaran pers di Jakarta (23/01/2024).

Di sisi lain, pertumbuhan ekonomi Indonesia dinilai tetap kuat mengingat Bank Indonesia (BI) memperkirakan pertumbuhan ekonomi 2023 tetap pada kisaran 4,5%-5,3%. Survei Harga Properti Residensial yang dirilis BI per November kemarin, menunjukkan pertumbuhan penjualan rumah primer sebesar 6,74% (qtq), cenderung tinggi dari pertumbuhan triwulan sebelumnya (6,59%, qtq).

Terlebih pemerintah menghadirkan sejumlah regulasi dan insentif kebijakan yang berpotensi menggairahkan pasar properti, seperti insentif PPN Ditanggung Pemerintah (PPN-DTP), bantuan biaya administrasi pembelian rumah senilai Rp4 juta bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) hingga pemberlakuan Golden Visa bagi WNA yang berinvestasi di Indonesia.

Melihat peluang tersebut, Wasudewan menekankan bahwa Rumah123 tidak hanya menjadi jembatan pencarian rumah, tetapi juga memfasilitasi proses kepemilikan. Berdasarkan data 99 Group sepanjang tahun 2023, 86,5% pembeli lebih memilih mekanisme Kredit Pemilikan Rumah (KPR) sebagai metode pembayaran. Disusul dengan pembayaran installment ke pengembang sebesar 7%, dan tunai keras sebesar 6,5%.

Menurut dia, banyaknya pengguna yang mengajukan KPR melalui Rumah123 menunjukkan kepercayaan besar terhadap layanan yang ditawarkan oleh Rumah123 dalam memenuhi kebutuhan properti di Indonesia. Setiap bulan, pihaknya berhasil memproses lebih dari 10.000 leads KPR.

“Kami memahami betapa pentingnya memiliki rumah yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Oleh karena itu, selain menawarkan berbagai fitur filter untuk menyaring properti sesuai kriteria yang dibutuhkan, Rumah123 memiliki beragam fitur KPR, seperti fitur Simulasi KPR, Kemampuan KPR, dan Simulasi Pindah KPR,” tutur dia.

Tak hanya mempermudah pembeli, platform ini juga selalu berusaha menciptakan fitur-fitur yang dapat membantu agen properti untuk meningkatkan jangkauan calon pembeli dan potensi penjualannya. Salah satu fitur yang baru diluncurkan baru-baru ini adalah K123DIT untuk mempermudah para agen menggunakan fitur-fitur dari Rumah123.

“Kami menyuguhkan berbagai solusi ini dalam satu platform terpadu yang disertai dengan fitur-fitur teknologi dan layanan terkini, sehingga mendukung agen dan developer dalam memasarkan properti, serta memudahkan masyarakat Indonesia dalam menemukan hunian idaman yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial mereka secara lebih mudah, sederhana, dan cepat,” ucap Wasudewan

Ia pun menegaskan, ke depan pihaknya akan terus berinovasi dengan memahami dan mengakomodasi kebutuhan mitra, mulai dari agen properti, pengembang, perbankan, hingga masyarakat umum sebagai pencari atau pembeli properti.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved