Marketing Trends

Garmin Lengkapi Produk Smartwatch dengan Fitur Fitness Age

Perusahaan teknologi Garmin terus berusaha melengkapi produk smartwatch-nya dengan beragam fitur dan sensor untuk mendukung kesehatan dan kebugaran penggunanya. Salah satu fitur yang disertakan adalah kemampuan untuk mengukur fitness age atau usia kebugaran. Fitur ini akan membantu meningkatkan kebugaran tubuh dengan saran olahraga yang dipersonalisasi.

Berbeda dengan usia tubuh, fitness age adalah perkiraan mengenai seberapa fit atau bugar tubuh penggunanya dibandingkan dengan usia sebenarnya. Fitness age dapat lebih muda atau lebih tua dari usia sebenarnya. Garmin menggunakan informasi, seperti usia, indeks massa tubuh (BMI), data detak jantung saat istirahat, dan riwayat saat menjalani aktivitas berat untuk memberikan perkiraan fitness age.

“Setiap orang memiliki fitness age yang berbeda. Olahraga serta perubahan gaya hidup dapat mempengaruhi usia kebugaran,” ujar Chandrawidhi Desideriani, Marketing Communication Manager Garmin Indonesia dalam keterangan pers di Jakarta (25/01/2024).

Statistik mengenai Fitness Age adalah interpretasi yang berhubungan dengan perkiraan VO2 Max pengguna. Sebagai informasi, VO2 Max adalah angka tunggal yang mendeskripsikan kebugaran kardiorespirasi. Hal ini dihitung dengan membandingkan tingkat kebugaran VO2 Max saat ini dengan angka normal dari orang-orang berusia berbeda dengan gender yang sama.

Fitur Fitness Age tidak akan melakukan pelacakan ketika pengguna sedang dalam kondisi hamil. Hal ini dilakukan karena beberapa alasan. Pertama, perubahan yang terjadi pada tubuh akibat kehamilan dapat berdampak pada variabel Fitness Age seperti detak jantung saat beristirahat dan BMI, yang menyebabkan hasil tidak akurat.

Selain itu, beberapa saran untuk menurunkan Fitness Age, seperti mengurangi BMI atau meningkatkan aktivitas berat, mungkin tidak disarankan selama masa kehamilan. Fitness Age akan dilanjutkan pada akhir kehamilan, namun beberapa rekomendasi terkait aktivitas berat atau berat badan mungkin tidak disarankan untuk segera dilakukan setelah masa kehamilan.

“Fitur Fitness Age dari Garmin tidak hanya sekadar membuat penggunanya mengetahui berapa angka usia kebugaran, tetapi juga dapat memberikan tips dan prioritas yang harus dilakukan untuk mengurangi Fitness Age Anda dan semuanya dapat dipantau melalui aplikasi Garmin Connect yang terpasang di smartphone,” lanjutnya.

Fitur ini telah tersedia di beragam model smartwatch Garmin, di antaranya seperti Venu 3 dan vivoactive 5 yang kini sudah tersedia di Indonesia.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved