Property

Kontribusi Nippon Paint untuk Pengembangan Dunia Arsitektur dan Desain Interior

Memasuki tahun ke-16 penyelenggaraan Asia Young Designer Awards (AYDA Awards), respons dan antusiasme sangat tinggi dari para peserta kompetisi calon arsitek dan desainer interior muda Indonesia. Hal itu terlihat dari banyaknya hasil karya yang masuk berjumlah 349 (non-duplikasi) dan telah memasuki babak Top 5 Final.

AYDA Awards, kompetisi desain tingkat internasional yang diselenggarakan oleh Nippon Paint bekerja sama dengan para profesional industri arsitektur dan desain interior, sebagai platform mengembangkan kapabilitas bagi para desainer muda dan ajang networking agar mampu bersaing di tingkat global.

Linda Kam, Marketing Manager Nippon Paint Indonesia mengatakan, sebelum memasuki babak final, para desainer muda dibekali wawasan dan diberikan sesi bimbingan secara langsung oleh para desainer profesional. Setiap tahun, Nippon Paint Indonesia mengirimkan satu perwakilan dari kategori Arsitektur dan Desain Interior untuk bersaing dengan 15 negara lainnya pada ajang AYDA International Summit di Chennai, India pada 3-5 Juli 2024 untuk memperebutkan gelar Asia Young Designer of The Year.

Sebagai persiapan menuju Grand Finals AYDA Indonesia 2023/24 pada 7 Februari 2024 di Taman Ismail Marzuki Jakarta, Nippon Paint telah mengadakan coaching session (sesi bimbingan dan pelatihan) yang mana para finalis melalui one on one coaching dan mentoring dengan para juri AYDA yang merupakan expert di bidang Arsitektur maupun Desain Interior. “Selain coaching session, peserta juga mendapatkan public speaking class untuk berlatih presentasi dan di depan umum,” Linda menambahkan.

Salah satu finalis, Darwis Jayadi, mahasiswa Desain Interior dari Universitas Bina Nusantara mengatakan, kompetisi ini sangat menantang mulai dari proses membuat maket, materi presentasi, hingga pada akhirnya saya lolos menuju babak final untuk mengikuti coaching session bersama para finalis lainnya.

Dalam coaching session yang berlangsung pada 10 Januari 2024 lalu, Darwis pun merasa bersyukur karena berkesempatan untuk mendapatkan ilmu dan pengalaman, serta mendapatkan koneksi dengan para juri, praktisi, serta teman baru.

Setelah melalui proses seleksi dan penjurian, dari total 349 partisipan telah terseleksi lima orang finalis dari masing-masing kategori. Untuk Top 5 finalis kategori Arsitektur AYDA Awards Indonesia 2023/24: Rakha Efriza – Institut Teknologi Sumatera, M. Fajri Azwar Nurbangsa – Institut Teknologi Sumatera, Bima Juliansyah – Universitas Brawijaya, Fihir Alkautsar – UPN Veteran Jawa Timur, Kelvin – Universitas Sumatera Utara. Untuk Top 5 Finalis kategori Desain Interior AYDA Awards Indonesia 2023/24: Darwis Jayadi – Universitas Bina Nusantara, Alifiah Azzahrah – Telkom University, Ni Luh Made Adelia Meysa Putri – Institut Desain & Bisnis Bali; Jesscia Graciella Christy – Universitas Pelita Harapan dan Andi Pricilia Yunita – Universitas Ciputra Surabaya

Melihat tingginya antusiasme peserta, salah satu Dewan Juri dari kategori Arsitektur, yaitu Henrico Nasroen, Head Division of Marketing (Architect) Arkonin, mengungkapkan rasa kagumnya dengan semangat berkompetisi para calon desainer muda Indonesia.

Menanggapi hal itu Linda menekankan bahwa Nippon Paint akan terus berupaya memberikan dukungan bagi para insan muda dalam dunia arsitektur dan desain interior. Salah satunya melalui ajang kompetisi AYDA Awards yang diharapkan dapat menjadi wadah dalam berkreasi dan mengukir prestasi bagi talenta-talenta berbakat Indonesia.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved