Capital Market & Investment

Praktik ESG di Emiten Sektor Kesehatan IRRA

Praktik ESG Itoma Ranoraya Tbk

Kesehatan adalah salah satu sektor yang paling penting dan menantang di Indonesia karena memengaruhi kesejahteraan dan kualitas hidup jutaan masyarakat. Kualitas hidup masyarakat salah satunya dapat diukur melalui Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang tercatat pada 2023 mencapai 74,39, meningkat 0,84% dari tahun sebelumnya.

Peningkatan IPM perlu terus dipertahankan mengingat adanya sejumlah tantangan di sektor kesehatan dan farmasi, seperti kualitas tenaga kesehatan yang perlu ditingkatkan, tantangan geografis, stabilitas politik dan geopolitik, serta kebutuhan akan inovasi dan aksesibilitas. Perusahaan bidang alat dan perlengkapan kesehatan PT Itama Ranoraya Tbk (IRRA) berkomitmen perkuat strategi bisnis melalui penerapan prinsip lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG) yang baik.

Heru Firdausi Syarif selaku Direktur Utama IRRA mengaku, perusahaan konsisten menerapkan nilai-nilai ESG dalam setiap aspek operasi, mulai dari cara mengelola jejak lingkungan dan berinteraksi dengan karyawan serta pelanggan, hingga pendekatan dalam menjalin hubungan dengan masyarakat di sekitar. Dia juga menjelaskan perusahaan selalu melakukan bisnis yang bertanggung jawab, dengan memanfaatkan keahlian, pengalaman, dan sumber daya untuk membangun kondisi yang lebih sehat.

“Kami terus berupaya melakukan diversifikasi produk dan layanan menuju usaha yang ramah lingkungan. Ketersediaan teknologi medis berkualitas tinggi serta layanan pemeliharaan reguler yang terjamin, memungkinkan konsumen menikmati produk dengan masa pakai yang lebih panjang sehingga mengurangi biaya pengadaan yang diperlukan fasilitas kesehatan serta mencegah limbah yang tak perlu,” ucapnya dalam keterangan resmi, dikutip Sabtu (03/02/2024).

Perseroan juga menggencarkan aspek tanggung jawab lingkungan melalui pengolahan limbah medis tersertifikasi. Dengan demikian, limbah dapat segera diolah dan mencegah paparan ke manusia. Salah satu penghematannya yang tercatat dari tahun ke tahun, Perseroan berhasil meminimalisir limbah kertas dalam operasionalnya menekan penggunaan tahun 2023 sebanyak 503 rim.

Program yang berorientasi sosial juga terus digencarkan. IRRA secara rutin dari tahun ke tahun telah memberikan bantuan dan dukungannya dalam sektor kesehatan melalui pelaksanaan berbagai inisiatif, misalnya melalui donasi alat kesehatan serta donor darah rutin bersama Palang Merah Indonesia (PMI). Aktivitas ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan jaminan ketersediaan suplai darah dan plasma, serta memastikan ketersediaan pasokan darah bagi pasien yang membutuhkannya.

“Ke depannya, kami telah memetakan sejumlah komitmen ESG lainnya untuk memperkuat strategi bisnis IRRA. Kami harap hal ini dapat terus berkontribusi bagi sektor kesehatan Indonesia yang lebih berkelanjutan,” ungkap Heru.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved