Corporate Action Capital Market & Investment

Raup Dana IPO Rp119,6 Miliar, Saham Homeco Living Tercatat di BEI

PT Homeco Victoria Makmur Tbk (Homeco Living) mengumumkan pencatatan (listing) saham perdana di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode saham LIVE. Aksi korporasi perseroan melakukan initial public offering (IPO ini menandai tonggak bersejarah, bagi industri perdagangan besar, khususnya bagi Homeco Living dalam menegaskan posisinya sebagai pemimpin pasar penyedia peralatan dan perlengkapan rumah tangga.

Presiden Direktur Homeco Living Ellies Kiswoto mengklaim Homeco Living dikenal karena produk kompetitif berkualitas. Dalam hal kinerja keuangan, emiten ini konsisten menunjukkan peningkatan dengan rasio profitabilitas selama periode 2020 hingga Juli 2023 pendapatan meningkat 94,70. Hal ini disebabkan oleh ikut sertanya entitas anak perseroan dalam menyediakan vaccine carrier bagi Pemerintah Indonesia tahun 2022 serta peningkatan utilisasi berbagai saluran distribusi, dan pengembangan berbagai macam brand baru.

“Melalui IPO ini Homeco Living berkomitmen untuk memperkuat jaringan distribusi dengan visi melayani hingga 50 juta konsumen pada 2030. Selain itu, perseroan akan memperluas portofolio produk untuk memenuhi ekspektasi pasar yang terus berkembang, khususnya di kalangan milenial dan Generasi Z,” kata Ellies.

Ellies menegaskan, dengan fokus pada pertumbuhan berkelanjutan, Homeco Living siap menjawab perubahan dinamika konsumen dan menjaga posisinya sebagai pemimpin pasar yang dipercaya oleh keluarga Indonesia.

Dana dari penawaran umum perdana Homeco Living yang dicapai sekitar Rp119,6 miliar. Dana segar tersebut utamanya akan digunakan untuk pengembangan usaha dalam bentuk modal kerja, termasuk pembelian persediaan, persediaan bahan penunjang, persediaan barang dagang, pengiriman barang dagang, biaya pemasaran, dan biaya operasional lainnya, termasuk pembayaran kewajiban perseroan. Pemenuhan kewajiban ini akan meningkatkan laba bersih dan daya saing [erseroan di masa depan.

Keunggulan lainnya, saluran distribusi Homeco Living saat ini telah mencakup lebih dari 40.000 titik penjualan di pasar modern dan lebih dari 700 mitra distribusi di pasar tradisional. Fundamental yang kuat saat ini akan menjadi modal awal pegembangan yang lebih agresif lagi. “Inisiatif ini sangat krusial karena menegaskan niat Homeco Living untuk memperkuat sistem distribusi dan pemasaran inti dari strategi pertumbuhan perseroan,” ujar Ellies.

Ekspansi dan penguatan jaringan distribusi menjadi fokus utama perusahaan. Saat ini, Homeco Living melayani lebih dari 20 juta konsumen dan saat yang sama Indonesia telah memasuki era bonus demografi, di mana hampir 70% dari jumlah populasi berusia produktif atau sekitar 190 juta jiwa. Dari usia produktif ini, 30%-nya adalah generasi milenial, berusia 27 tahun hingga 42 tahun yang notabene merupakan kelompok konsumen utama Homeco Living.

“Dengan memperkokoh sistem distribusi, Homeco Living berambisi untuk memastikan bahwa produk-produk berkualitas dapat mudah diakses oleh konsumen di seluruh Indonesia, menggarisbawahi dedikasi perseroan untuk ketersediaan produk dan kepuasan pelanggan,” ucap Ellies.

Homeco Living didirikan sejak tahun 2012 sebagai distributor produk peralatan rumah tangga di Indonesia. Rangkaian produknya meliputi peralatan dapur, peralatan masak, tas, alat tulis, tisu basah dan masih banyak lagi. Perusahaan menangani produk dari merek terkenal di kelasnya, memastikan bahwa pelanggan memiliki akses ke produk berkualitas dan andal. Perusahaan membedakan kekuatan merek di setiap target pasar, dari pasar atas hingga pasar massal.

Dengan keberadaannya di lebih dari 40.000 titik penjualan dan 700 mitra distribusi di seluruh kota di Indonesia, produk-produk Homeco Living mudah diakses oleh pelanggan. Visi perusahaan adalah meningkatkan aktivitas sehari-hari dengan menciptakan kehidupan yang baik melalui perhatian terhadap detail. Hal ini tercermin dalam komitmennya untuk menyediakan produk yang membuat kehidupan sehari-hari konsumen Indonesia lebih mudah dan produk serta layanan pelanggan yang sangat baik kepada pelanggan.

Perusahaan ini terus-menerus memperbarui rangkaian produknya untuk mengikuti tren terbaru dan kebutuhan pelanggan. Dengan fokus yang kuat pada kualitas, Homeco Living berkomitmen untuk menyediakan produk yang dapat dipercaya oleh pelanggan.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved