Business Update

Sederet Pentingnya Business Trip dan Mudahnya Mengelola dengan Mekari Expense

Oleh Editor

Pertemuan tatap muka merupakan hal penting dalam bisnis, sehingga banyak pebisnis melakukan business trip untuk menciptakan hubungan kuat dengan rekan dan klien yang berada jauh dari kantor bisnis. Perjalanan bisnis membuka pintu peluang baru, mendorong pertumbuhan bisnis lebih tinggi, dan meningkatkan produktivitas tim.

Namun, banyak bisnis mengalami kesulitan dalam mengatur business trip untuk berbagai tingkat karyawan, termasuk mereka yang bekerja di lapangan. Hal ini bisa memerlukan pemantauan yang intensif. Tantangan terbesar biasanya terletak pada pengelolaan keuangan yang harus dikeluarkan untuk business trip ini. Departemen Sumber Daya Manusia (HR) juga harus memastikan agar produktivitas bisnis tetap berjalan dengan lancar, meskipun banyak karyawan yang sedang melakukan business trip.

Untuk itulah dibutuhkan aplikasi seperti Mekari Expense yang mampu mengelola pengeluaran dan membantu pengaturan business trip pada perusahaan. Sehingga seluruh perjalanan bisnis sebagai representatif perusahaan terkait kepentingan bisnis, berjalan dengan lancar.

Perjalanan bisnis umumnya meliputi konferensi dan pameran bisnis, riset lokasi atau kantor cabang baru, kunjungan ke supplier atau distributor, kunjungan ke klien, rapat kesepakatan bisnis, dan banyak lainnya. Business trip merupakan investasi bagi kesuksesan perusahaan tumbuh lebih besar dan mencapai target penjualan yang meningkat pesat. Berikut ini beberapa manfaat business trip bagi bisnis.

Business trip merupakan landasan terwujudnya tujuan bisnis di masa depan. Anda atau karyawan pada level tertentu yang melakukan pertemuan dengan klien, konferensi industri, kegiatan pengembangan tim, atau lainnya adalah untuk kepentingan bisnis. Tidak hanya akan mempermudah proses perencanaan dalam upaya mewujudkan tujuan bisnis saja, perjalanannya bisnis bersifat produktif sehingga perusahaan bertumbuh lebih besar dari saat ini.

Perjalanan bisnis menjadi saluran untuk memperluas jaringan profesional dan membentuk kemitraan bisnis baru. Sebelum memulai perjalanan, ada baiknya untuk mengidentifikasi tokoh penting yang berpengaruh serta mitra bisnis potensial di daerah yang Anda kunjungi. Anda dapat memanfaatkan media sosial untuk bisa terhubung dengan calon koneksi bisnis baru. Peluang untuk berinteraksi dengan calon koneksi bisnis memberi manfaat mengenalkan bisnis Anda pada orang-orang yang dapat mendukung tercapainya tujuan bisnis Anda.

Pertemuan tatap muka dapat mendorong kolaborasi intensif, menghasilkan ide dan solusi yang inovatif. Anda jadi lebih kreatif dan produktif saat melakukan perjalanan bisnis. Pengalaman ini dapat menjadi sumber inspirasi untuk pengembangan produk baru atau peningkatan produk yang sudah ada. Perjalanan bisnis dapat menjadi katalisator bagi inovasi yang mendorong pertumbuhan bisnis dan mempertahankan daya saing. Produktivitas tim meningkat, sehingga berdampak pada keuntungan perusahaan. Setiap pengeluaran yang diinvestasikan dalam business trip mendatangkan pendapatan dan laba baru bagi perusahaan.

Perjalanan bisnis mungkin dilakukan lebih banyak pada tahun berjalan, sehingga divisi Administrasi dan Keuangan kerepotan mengaturnya. Solusi dari permasalahan tersebut bisa Anda dapatkan dengan mudah melalui Mekari Expense. Aplikasi yang membantu Anda membuat kebijakan business trip dan mengatur serangkaian workflow sebelum melakukan perjalanan bisnis.

Melalui fitur Business Trip dari Mekari Expense, pengelolaan business trip perusahaan jadi mudah dan cepat. Terlebih lagi, karyawan Anda dapat mengajukan perjalanan bisnis secara mandiri. Caranya sangat mudah, dengan melengkapi detail penting perjalanan bisnis yang akan dilakukan, mulai dari tujuan, jenis pengeluaran, hingga anggaran yang dibutuhkan.

Administrasi perjalanan bisnis perusahaan jadi lebih mudah melalui pengelolaan secara digital. Berikut ini keunggulan Mekari Expense untuk mempermudah perusahaan menerima data perjalanan bisnis karyawan secara komprehensif yang mendukung keputusan pengelolaan keuangan perusahaan.

Karyawan Anda dapat mengajukan perjalanan bisnis secara mandiri melalui aplikasi. Tersedia form pengajuan yang sudah dilengkapi dengan detail informasi seperti tujuan perjalanan, jenis pengeluaran, dan anggaran yang dibutuhkan. Formulir pengajuan rencana perjalanan bisnis secara digital mempercepat proses persetujuan atau penolakan dari pihak yang berwenang memberi keputusan.

Melalui aplikasi Mekari Expense, Anda dapat melakukan otomatisasi alur kerja terkait kebijakan perjalanan bisnis. Anda dapat mengatur jenis perjalanan, limit anggaran, dan alur persetujuan khusus dengan lebih mudah. Proses otomasi ini mempersingkat alur kerja dan memudahkan kinerja semua karyawan yang terlibat. Waktu kerja yang tersedia dapat digunakan untuk melakukan produktivitas lain yang lebih penting.

Digitalisasi bertujuan menurunkan tingkat human error pada data dan laporan. Melalui fitur pelaporan di Mekari Expense, Anda dapat mengumpulkan data minim kesalahan. Analisa data bisa dilakukan lebih akurat untuk kebutuhan strategi bisnis dan pengelolaan keuangan untuk kebutuhan perjalanan bisnis di masa mendatang.

Fitur perjalanan bisnis dari aplikasi Mekari Expense memudahkan perencanaan dan pelaporan perjalanan bisnis perusahaan. Anda dapat mengatur, melacak, mengelola keuangan terkait perjalanan bisnis dengan mudah dan cepat. Fitur ini juga memudahkan karyawan dalam alur pengajuan dan persetujuan perjalanan bisnis.

Mekari Expense dapat digunakan seberapapun besar ukuran tim bisnis Anda. Semua dapat dikelola dengan mudah dan tidak ada lagi tugas administrasi dan keuangan manual dengan tumpukan kertas perjalanan bisnis yang merepotkan. Efisiensi dan produktivitas kerja semakin meningkat, demikian juga dengan peningkatan akurasi pelaporan. Anda dapat memastikan seluruh pengeluaran perjalanan bisnis tercatat dan transparan, meminimalisir risiko kesalahan, dan meningkatkan akuntabilitas pada bisnis Anda.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved