Technology Trends

Intip Perjalanan Transformasi Digital Arya Noble dengan Solusi Cloud

Ilustrasi. Arya Noble lakukan tranfsormasi digital untuk optimalisasikan bisnis

Arya Noble, perusahaan yang bergerak pada bidang dermatologi, healthcare, dan industri lainnya yang berkembang telah menjalankan transformasi digitalnya menggunakan solusi cloud rise with SAP. Transformasi ini bertujuan untuk mengoptimalisasi operasional, meningkatkan ketangkasan bisnis, dan meningkatkan pengalaman layanan kesehatan.

Salah satu merek andalan Arya Noble adalah Erha Clinic, juga bergerak pada portofolio bisnis lain seperti Genero, Derma XP, dan Marco. Dengan jajaran portfolio yang dimiliki, Arya Noble dapat mengelola keseluruhan proses manufaktur dari awal sampai akhir, mulai dari produksi, distribusi hingga pembentukan merek. Arya Noble juga mendirikan Skinproof, satu-satunya laboratorium penelitian dermatologi lokal di Indonesia yang menguji produk perawatan kulit dan makeup.

Chief Innovation Officer Arya Noble Yonathan Moniaga mengatakan, dampak portofolio bisnis yang luas, pihaknya membutuhkan sistem ERP yang kuat, lincah untuk membantu mereka berkembang. Perusahaan kerap mengalami tantangan dalam aktivitas pelacakan dari hilir ke hulu akibat data yang tidak terpusat, sehingga sering menciptakan inefisiensi waktu.

“Sistem lama yang selama ini diandalkan tidak dapat membantu mereka berkembang sesuai kebutuhan. Akhirnya pada 2022 kami meluncurkan inisiatif transformasi digital yang komprehensif, bertujuan memperkuat bisnis via online, meningkatkan keterlibatan pelanggan, dan mengoptimalkan operasional internal demi pertumbuhan bisnis di masa depan,” kata Yonathan dalam rilis resmi (27/02/2024).

Sebagai bagian dari perjalanan transformasi tersebut, perusahaan memutuskan untuk mengimplementasikan rise with SAP pada akhir Kuartal III/ 2023, dengan tujuan untuk mendorong manufaktur prediktif. Hal ini juga selaras dengan agenda pemerintah melalui inisiatif ‘Making Indonesia 4.0’, yang mendorong para pelaku industri kesehatan untuk mengintegrasikan teknologi ke dalam operasional mereka.

“Untuk memenuhi kebutuhan bisnis yang kompleks, kami telah menggunakan solusi tersebut sebagai bagian dari strategi digitalisasi. Perjalanan kami berfokus pada pertumbuhan yang berkelanjutan melalui automasi dan pengambilan keputusan berbasis data. Dengan rise, kami dapat melihat banyak potensi,” ungkapnya.

Andreas Diantoro, Managing Director SAP Indonesia mengatakan, pihaknya siap mendukung merek-merek terkemuka di Indonesia dalam melakukan transformasi digital dan ekspansi bisnis. Melalui solusi sistema miliknya, Arya Noble mampu membuat keputusan strategis berbasis data.

“Data dapat mendorong kemampuan manufaktur prediktif dan visibilitas informasi pada seluruh departemen. Hal ini tidak hanya akan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pertumbuhan bisnis perusahaan, namun juga memberikan dampak yang bermakna bagi industri kesehatan di Indonesia,” katanya.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved