Marketing Trends

Tren Warna Eksterior dan Interior Nippon Paint 2024 Bernuansa Alam

Pameran arsitektur terbesar di Indonesia yaitu Arch:ID yang dihelat oleh Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) kembali digelar pada 22-25 Februari 2024 lalu di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang. Arch:ID merupakan acara tahunan sebagai forum dan pameran arsitektur yang berfungsi sebagai platform bagi para pelaku dan pemangku kepentingan di bidang arsitektur dan industri konstruksi.

Melalui tema ‘Placemaking: Tolerance’, acara ini mengajak para pemangku kepentingan, baik itu dari kalangan arsitek, perencana kota, institusi pemerintah, serta produsen/pemasok produk arsitektur dan bahan bangunan, termasuk green and sustainable products/technology untuk berpartisipasi, berkomunikasi, dan bertukar ide tentang merancang dan menciptakan ruang publik atau elemen-elemen yang inklusif dan mendorong interaksi sosial, menghormati keragaman budaya, serta meningkatkan pemahaman dan kesadaran akan pentingnya toleransi di antara berbagai komunitas atau kelompok masyarakat.

Merespons positif hal itu, Nippon Paint sebagai merek cat/pelapis berperan aktif untuk berpartisipasi dalam Arch:ID salah satunya yaitu dengan menghadirkan nuansa alam di booth-nya melalui Trend Beyond Colours (TBC) sebagai inspirasi untuk tren warna dan desain di tahun 2024/25.

Linda Kam, Marketing Manager Nippon Paint Indonesia menjelaskan, penyelenggaraan Arch:ID sebagai pameran arsitektur terbesar di Indonesia sejalan dengan apa yang menjadi visi Nippon Paint dalam mendukung arsitektur yang berkelanjutan.

Dukungan Nippon Paint dalam arsitektur berkelanjutan juga telah lama digaungkan secara konsisten dalam setiap penyelenggaraan kompetisi desain internasional seperti Asia Young Designer Awards ataupun Creative Colour Awards (CCA), yang berfokus tak hanya pada inovasi warna melalui cat/pelapis pada bangunan namun juga sejauhmana dapat memberikan dampak positif pada lingkungkan yang berkelanjutan.

Linda menjelaskan mengapa Nippon Paint menghadirkan nuansa warna-warna alam dalam booth di Arch:ID, “Tema-tema yang berkaitan dengan lingkungan, alam, telah menjadi titik perhatian kami sejak lama. Termasuk dalam pameran Arch:ID kali ini kami mengangkat nuansa yang lekat dengan alam, sesuai dengan tren warna yang kami luncurkan tahun 2024,” ujarnya. Melalui nuansa alam ini kita dapat memulai babak baru dengan menemukan kembali ketenangan, keindahan dalam harmoni, kekuatan dalam pembaharuan, dan kegembiraan dalam diri. Nippon Paint mendorong masyarakat untuk memulai hari baru dan melangkah maju dengan penuh optimisme.

Dalam penyelenggaraannya, Arch:ID tidak hanya menampilkan pameran dan konferensi kelas dunia, tetapi juga menyajikan berbagai program seperti Talk Series sebagai ajang bagi para profesional/praktisi, brand, dan para stakeholder untuk berbagi informasi, membahas isu-isu terhangat, diskusi mengenai produk, jasa, dan teknologi terkini.

Termasuk Nippon Paint yang mendapat kesempatan dalam Talk Series untuk berbagi informasi mengenai tren warna 2024 dan kompetisi Creative Colour Awards. Seperti dikemukakan oleh Windy Sekar, Marketing Public Relations Manager Nippon Paint Indonesia, kala didapuk sebagai pembicara. “Nippon Paint membuka kesempatan bagi para praktisi arsitek dan desainer interior untuk mengikuti Creative Colour Awards (CCA), yaitu sebuah ajang kompetisi internasional yang dipersembahkan oleh Nippon Paint yang berfokus dalam penggunaan serta inovasi warna melalui cat/pelapis pada bangunan rancangannya,” ucap Windy.

Lebih lanjut Windy memaparkan bahwa pendaftaran CCA 2023/24 telah dibuka sejak November 2023 dan akan ditutup pada 12 April 2024. Dalam CCA terdapat beberapa kategori yang bisa diikutkan yaitu; Corporate & Commercial Exterior, Residential Exterior, Corporate & Commercial Interior, serta Public Spaces. Selain itu untuk pendaftaran CCA tahun 2023/24, proyek sudah harus selesai antara Januari 2021 sampai 28 Februari 2023.

Pada CCA periode lalu, finalis dari Indonesia, Yuli Kalson Sagala dari KsAD Architects berhasil memenangkan penghargaan sebagai pemenang utama dalam kategori Architectural – Corporate & Commercial Exterior dengan karyanya dalam rancangan project Ciputra Kasih Semarang School, Jawa Tengah.

“Melalui CCA ini Nippon Paint terus berupaya untuk memperluas jangkauan apresiasi kepada insan arsitek dan desainer interior. Untuk itu, besar harapan kami di tahun ini jumlah partisipan, khususnya dari Indonesia lebih meningkat lagi dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Sehingga peluang memenangkan kompetisi ini pun semakin besar,” kata Windy.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved