Financial Report Corporate Action Capital Market & Investment

Elnusa Siapkan Capex Rp526 Miliar pada 2024, Ini Rinciannya

Elnusa Tbk (ELSA) siap menggelontorkan belanja modal atau capex Rp526 miliar untuk tahun 2024. Capex ini akan digunakan untuk investasi melakukan pengembangan bisnis yang berkelanjutan dalam mendukung pertumbuhan perusahaan ke depan.

Direktur Pengembangan Usaha Elnusa, Arief Prasetyo Handoyo mengatakan, pada tahun 2023 realisasi belanja modal perseroan sebesar Rp495 miliar dari total Rp500 miliar. Realisasi tersebut dimanfaatkan untuk berbagai investasi yang mendukung optimalisasi produksi juga keberlangsungan bisnis, diantaranya untuk pembelian kapal tongkang AWB Offshore dan pembelian mobil tangki serta pengembangan pada jasa penunjang migas dan non project.

“Capex tahun ini akan dialokasikan 53% ke jasa hulu, 31% jasa distribusi dan logistik energi, 9% untuk penunjang hulu dan sisanya untuk pengembangan bisnis. Melalui belanja modal yang disiapkan ini Elnusa berkomitmen untuk siap berinvestasi melakukan pengembangan bisnis yang berkelanjutan dalam mendukung pertumbuhan perusahaan ke depan,” ucap Arief, Jumat (1/3/2024).

Arief menjelaskan, adapun penyerapan belanja modal dari jasa hulu akan dialokasikan untuk penambahan kapasitas berbagai peralatan pendukung kegiatan eksplorasi juga produksi migas. Dari jasa distribusi dan logistik energi, perseroan akan melakukan perluasan bisnis non BBM, melakukan optimalisasi pasar pada chemical di hulu migas serta memperluas pasar chemical hilir, serta mengembangkan inovasi blending B35 untuk meningkatkan profitabilitas.

“Sementara itu, pada segmen mid-stream, juga new renewable energy dan penunjang, kami akan menyerap belanja modal dengan melakukan investasi pembelian mobil tangki BBM serta transportasi laut untuk LNG maupun LPG, melanjutkan penjajakan pada ekosistem transisi energy melalui battery asset management system serta fabrikasi peralatan penunjang migas dan pengembangan IoT,” ujarnya.

Melalui belanja modal yang disiapkan ini, perseroan siap berinvestasi melakukan pengembangan dan inovasi dalam mendukung pertumbuhan perusahaan ke depan. “Kami menatap optimistis tahun 2024 ini akan kembali mencacatkan kinerja positif dengan mengakselerasi pertumbuhan bisnis yang kompetitif,” ungkap Arief.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved