Business Update

5 Tahap Evolusi Honda BeAT di Indonesia, dari Karbu hingga eSAF

Oleh Editor
5 Tahap Evolusi Honda BeAT di Indonesia, dari Karbu hingga eSAF

BeAT Deluxe menjadi varian skuter matic entry level baru yang belum lama ini dirilis Honda. Kehadirannya pun memberikan warna baru bagi varian Honda BeAT yang sudah lama beredar di Indonesia.

Sejak pertama kali rilis di tahun 2008, BeAT telah berkembang menjadi salah satu skuter matic favorit banyak orang. Desainnya yang ramping dengan harga jual terjangkau menjadikan BeAT sebagai sepeda motor pilihan banyak orang.

Hingga tahun 2024, model sepeda motor Honda BeAT bahkan sudah memasuki generasi kelima. Honda BeAT pun terus melakukan banyak inovasi dan upgrade pada tiap generasinya guna memberikan pengalaman berkendara terbaik pada konsumen.

Honda BeAT hadir guna menjawab kebutuhan pasar otomotif Indonesia untuk menghadirkan sepeda motor berkualitas dengan harga terjangkau. Berikut ini lima generasi Honda BeAT yang ada di Indonesia:

Honda BeAT generasi pertama rilis di Indonesia pada tahun 2008. Pada tahun tersebut, Honda BeAT hadir dan menyaingi skuter matic yang telah rilis dan populer sebelumnya, yakni Yamaha Mio.

Pada awal kemunculannya, BeAT generasi pertama dibekali dengan mesin berkapasitas 108 cc, SOHC 2-katup dengan sistem karburator. Penggunaan sistem karburator juga yang membuat BeAT generasi pertama akrab dengan panggilan ‘BeAT Karbu’.

Desain Honda BeAT yang unisex menjadikan motor ini cukup laku di pasaran. Motor ini hadir dengan menyasar pasar yang lebih luas, baik pengguna laki-laki atau perempuan.

Pada tahun 2012, Honda merilis BeAT generasi keduanya dengan sentuhan facelift. Dengan begitu, desain dari motor BeAT menjadi lebih fresh dengan warna dan corak yang berbeda dari generasi sebelumnya.

Salah satu yang menjadi ciri khas pada Honda BeAT generasi ini yaitu tidak lagi menggunakan sistem karburator, melainkan PGM-Fi. Dengan menggunakan teknologi ini, konsumsi bahan bakar Honda BeAT jadi lebih irit hingga 30%.

Selain itu, pijakan kaki dibuat lebih luas dan jok motor mempunyai ukuran lebih lebar dan panjang. Dengan adanya update ini, Honda menawarkan kenyamanan lebih optimal bagi penggunanya saat berkendara.

Selang 2 tahun sejak generasi keduanya diluncurkan, BeAT generasi ketiga pun hadir. Bahkan, BeAT pada generasi ini hadir dengan suara yang lebih lembut jika dibandingkan dua generasi sebelumnya yang cenderung kasar ketika starter.

Pada generasi ini, sejumlah fitur unggulan juga sudah mulai ditambahkan. Misalnya, sistem pengereman Combi Brake System (CBS) yang memungkinkan rem depan dan rem belakang bisa mendapatkan pengereman lebih optimal dan praktis.

Selain itu, terdapat juga teknologi idling stop system yang memungkinkan mesin motor berhenti secara otomatis ketika berhenti lebih dari 3 detik. Penggunaan teknologi ini pun membuat konsumsi bahan bakar jadi lebih irit dan efisien.

Pada generasi keempat yang lahir tahun 2016, tidak ada perbedaan yang cukup menonjol dari generasi sebelumnya. Sebab, perubahannya hanya dapat terlihat dari desain body yang lebih besar dan lapang.

Adapun yang menjadi ciri khas dari dimulainya generasi keempat Honda BeAT adalah penggunaan panel instrumen kombinasi antara digital dan analog. Pada bagian setang, posisinya diubah agak ke dalam sehingga memberikan posisi berkendara yang nyaman bagi penggunanya.

Pada generasi keempat juga, BeAT merilis varian terbarunya dengan nama BeAT Street. Sepeda motor ini hadir dengan setang telanjang yang membuatnya mirip motor naked bike dengan panel instrumen full digital.

Sayangnya, Honda BeAT Street tidak dilengkapi dengan fitur ISS. Namun begitu, kehadiran BeAT Street memberikan inovasi pada segmen pasar matic yang memberikan desain sepeda motor khas anak muda.

Per tahun 2020, Honda memperkenalkan teknologi rangka Enhanced Smart Architecture Frame (eSAF) yang menandai dimulainya generasi kelima Honda BeAT. Rangka ini mempunyai bobot yang ringan namun kokoh sehingga membuat motor jadi lincah dan stabil.

Secara tampilan, BeAT generasi terbaru juga lebih modern dengan lampu LED bagian depan dan belakang. Tersedia juga USB power charger yang memungkinkan pengendara bisa mengisi daya handphone saat berkendara.

Ada tiga varian BeAT generasi kelima yang hingga kini masih diproduksi dan dijual Honda. Adapun varian tersebut adalah BeAT CBS, BeAT Street, dan BeAT Deluxe.

Walau sudah ada BeAT Deluxe dan BeAT Street, namun sepeda motor BeAT dari generasi sebelumnya masih cukup diminati. Berikut ini harga jual Honda BeAT bekas dan terbaru pada tahun 2024 di situs jual beli OLX.com:

Adapun harga baru Honda BeAT Street dan BeAT Deluxe untuk OTR Jakarta, yaitu:

Itulah sejarah Honda BeAT pada tiap generasinya di Indonesia. Dari lima generasi Honda BeAT saat ini, mana yang terbaik menurut Anda?


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved