Business Tips

5 Tips Berjualan Online bagi Pebisnis UMKM Pemula Menjelang Ramadan

5 Tips Berjualan Online bagi Pebisnis UMKM Pemula Menjelang Ramadan
Tokopedia membagikan tips berjualan online bagi UMKM pemula agar usaha maksimal. (Foto dok Tokopedia)

Bulan Ramadan merupakan momen istimewa bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Momen ini juga menjadi peluang besar bagi para pelaku usaha, khususnya UMKM lokal, khususnya yang pemula untuk meningkatkan penjualan.

Merchant Marketing Lead Tokopedia Annabel mengatakan, di Tokopedia, sejumlah kategori produk, seperti makanan dan minuman, kecantikan dan perawatan tubuh, otomotif, rumah tangga, dan fesyen menjadi yang paling diburu oleh masyarakat menjelang Ramadan 2024. Melihat animo tinggi masyarakat untuk belanja jelang Ramadan, Tokopedia kembali menghadirkan kurikulum kampanye Ramadan untuk para pelaku usaha memaksimalkan strategi jualan online di Tokopedia.

Selanjutnya Annabel memberikan lima tips berjualan online bagi UMKM pemula menjelang Ramadan. Tips ini dapat digunakan untuk memaksimalkan penjualan, sehingga bisnis UMKM semakin banyak meraup cuan.

Tips berjualan online bagi pebisnis pemula yang pertama adalah menjaga stok barang biar penjualan aman saat Ramadan nanti. Ketika Ramadan, jumlah penjualan beberapa produk biasanya mengalami peningkatan. “Cek stok barang di toko dan pastikan jumlahnya aman agar pembeli tidak berpaling ke toko lain,” katanya dalam siaran pers, Senin (04/03/2024).

Kedua, mendekorasi halaman produk dan toko dengan tema Ramadan agar pembeli terkesan. Pada halaman dekorasi toko, penjual bisa menampilkan banner atau gambar promosi toko, video dan kupon promo.

Dekorasi toko berpotensi menarik lebih banyak calon pembeli dengan konten-konten menarik yang dapat meningkatkan branding hingga penjualan toko. Selain itu, jangan lupa mempertajam tulisan atau copywriting yang langsung bisa dipahami oleh target pembeli.

“Gunakan kalimat yang bisa mencuri perhatian calon pembeli pada banner toko maupun deskripsi produk, misalnya dengan menaruh harga produk setelah diskon. Agar lebih relevan, terapkan teknik SEO dengan menyasar kata-kata relevan yang lagi populer agar toko penjual mudah ditemukan calon pembeli melalui mesin pencarian,” ungkap Annabel.

Tips ketiga dengan menghadirkan berbagai promosi untuk memikat hati pembeli. Siapkan sekian anggaran untuk promosi saat Ramadan 2024, lalu tawarkan berbagai promosi menarik untuk menarik perhatian calon pembeli. Sebelum menghadirkan promosi, kenali target pasar serta pantau terus pola penjualan produk di toko.

“Penjual juga bisa melakukan riset dengan melihat strategi penjual lainnya, seperti cara mereka atur promosi dan apa yang disukai pembelinya. “Sejumlah fitur promosi yang dapat dimanfaatkan penjual antara lain kupon cashback, diskon toko, flash sale, rilisan spesial, diskon bertingkat, hadiah pembelian, bebas ongkir, dan masih banyak lagi,” ucapnya.

Tips keempat, manfaatkan tren video pendek dan live streaming agar pembeli makin yakin. Penjual dapat memanfaatkan tren video pendek dan live streaming untuk meningkatkan kepercayaan calon pembeli dan memperluas jangkauan promosi selama bulan Ramadan. Gunakan media sosial untuk menyebarkan kemeriahan promo yang dihadirkan, dengan menetapkan konten yang ingin disampaikan dan mengatur jadwal unggah konten, termasuk saat sahur, ngabuburit, dan berbuka puasa.

“Pastikan bahwa konten dan topik bahasan sesuai dengan kategori produk yang dijual. Misal, untuk produk fesyen, penonton cenderung ingin mengetahui kualitas serta tampilan dari produk tersebut. Penjual dapat membuat konten berupa cara pemakaian (try on) atau padu padan (mix and match) pakaian untuk meningkatkan interaksi dengan calon pembeli,” ungkapnya.

Tips kelima lakukan evaluasi jualan toko agar penjualan semakin optimal. Luangkan waktu untuk mengevaluasi performa penjualan toko selama Ramadan, tinjau data penjualan, kunjungan toko, produk terlaris dan yang belum terjual, ulasan pembeli, dan tren pasar untuk mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan. Evaluasi pula anggaran yang telah dikeluarkan, serta manfaat dari kampanye atau promosi toko yang sudah diterapkan.

“Pantau juga performa promosi toko di media sosial. Lakukan evaluasi angka, metrik serta engagement rate di media sosial setiap minggunya. Cek juga kualitas komentar yang ada di setiap konten untuk mengetahui relevansi konten yang dibuat. Penjual juga sangat disarankan untuk membangun kedekatan dengan pembeli, termasuk membalas pesan dan komentar,” kata Annabel menyarankan.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved