Capital Market & Investment

Jurus AGAR Meningkatkan Nilai Tambah Rumput Laut Indonesia

Jurus AGAR Meningkatkan Nilai Tambah Rumput Laut Indonesia
Untuk meningkatkan nilai tambah rumput laut, PT Asia Sejahtera Mina lakukan hilirisasi menjadi produk SRC. (dok AGAR)

Hilirisasi merupakan penghiliran atau pengolahan bahan baku mentah menjadi barang siap pakai dengan tujuan meningkatkan nilai tambah dari produk tersebut. Hal ini yang tengah dioptimalkan pemerintah Indonesia agar bahan mentah dapat diolah menjadi bahan setengah jadi sebelum dilakukan ekspor ke luar negeri.

Dalam mendukung hilirisasi tersebut, PT Asia Sejahtera Mina Tbk (AGAR) saat ini tengah fokus dalam melakukan hilirisasi rumput laut. Salah satu strategi yang dilakukan perseroan adalah mengakuisisi perusahaan rumput laut PT Giwang Citra Laut pada tahun 2022 lalu.

“Pada tahun 2022, kami berhasil mengakuisisi PT Giwang Citra Laut yang berada di Takalar, Sulawesi Selatan. Nantinya GCL akan mengolah dan memproduksi Semi Refine Carrageenan (SRC),” kata Direktur Utama AGAR Indra Widyadharma (06/03/2024).

Semi Refine Carrageenan (SRC) merupakan produk olahan atau ekstraksi rumput laut yang berbentuk tepung, di mana sangat berguna pada industri pangan antara lain sebagai pengental, pembentuk gel hingga sebagai stabilisator makanan dan minuman. Selain itu, SRC juga sangat bermanfaat dalam bidang farmasi yaitu sebagai bahan pembungkus pil atau tablet dan bahan kosmetik, juga dapat dimanfaatkan pada industri tekstil maupun percetakan.

“Akuisisi GCL yang berlokasi di Kabupaten Takalar sangat menguntungkan bagi kami. Karena Kabupaten Takalar merupakan salah satu sentra budidaya rumput laut di Sulawesi Selatan. Sehingga PT GCL dapat menyerap langsung produksi petani rumput laut di Takalar dan sekitarnya,” ujar Indra.

Saat ini, Perseroan tengah melakukan pendalaman dan perencanaan lebih lanjut dalam rangka memproduksi produk tersebut. Indra harap produk SRC dapat dipasarkan ke negara-negara tujuan ekspor paling cepat pada triwulan II 2024. Perseroan perlu memastikan agar SRC yang diproduksi memiliki standar kualitas yang tinggi.

“Diharapkan dengan adanya produksi SRC tersebut dapat menjadikan nilai tambah untuk perseroan. Selain itu, produksi SRC juga menjadi bentuk nyata dukungan perseroan kepada program hilirisasi yang tengah dijalankan pemerintah” ucap Indra menutup keterangannya.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved