Management

Langkah Tokopedia Dukung Pebisnis Perempuan yang Jumlahnya Terus Naik

Langkah Tokopedia Dukung Pebisnis Perempuan yang Jumlahnya Terus Naik
Peringati Hari Perempuan Sedunia, Tokopedia bagikan cerita inspiratif perempuan lokal pebisnis. (Foto Ubaidillah/Swa)

Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) menyebutkan, jumlah perempuan dalam sektor kewirausahaan terus naik setiap tahun. Berdasarkan data BPS tahun 2021, perempuan mengelola 64,5% dari total UMKM di Indonesia atau sekitar 37 juta UMKM dengan proyeksi di tahun 2025 memiliki total nilai sebesar US$135 miliar.

External Communications Senior Lead Tokopedia Rizky Juanita Azuz menyampaikan, Kota Palembang, Tangerang, Surabaya, Makassar dan Denpasar merupakan beberapa daerah dengan kenaikan tertinggi jumlah perempuan pelaku usaha di Tokopedia. Rata-rata kenaikan wilayah tersebut lebih dari 2,5 kali lipat selama tahun 2023 jika dibandingkan dengan tahun 2020 saat pandemi Covid-19 lalu.

“Sedangkan beberapa subkategori di Tokopedia yang mengalami kenaikan tertinggi jumlah perempuan pelaku usaha dalam periode yang sama, yaitu perawatan hewan, buku, perlengkapan pesta, pertukangan serta perlengkapan alat tulis kantor dan sekolah,” kata Rizky dalam konferensi pers, Rabu (06/03/2024).

Beberapa daerah di Indonesia yang mengalami kenaikan tertinggi jumlah perempuan pembeli, meliputi Tangerang, Cirebon, Klaten, Manado dan Pangkal Pinang, dengan rata-rata kenaikan lebih dari 22 kali lipat. Sedangkan perawatan hewan, makanan dan minuman serta perlengkapan pesta merupakan beberapa subkategori dengan kenaikan tertinggi jumlah perempuan pembeli Tokopedia.

Melihat data tersebut, peran dan potensi perempuan sudah tidak bisa dipandang sebelah mata dan sejalan dengan tema Hari Perempuan Sedunia tahun 2024 ‘Berinvestasi pada perempuan: mempercepat kemajuan’, upaya pencapaian kesetaraan gender dan kesejahteraan perempuan di semua aspek kehidupan adalah tugas seluruh masyarakat demi menciptakan perekonomian yang sejahtera serta kehidupan yang sehat untuk generasi mendatang.

“Berangkat dari semangat tersebut, Tokopedia turut konsisten memberi panggung seluas-luasnya bagi perempuan pelaku usaha lokal. Harapannya agar para perempuan bisa semakin maju sekaligus membantu mendorong pemerataan ekonomi nasional lewat pemanfaatan teknologi digital,” ujar Rizky.

Salah satu upaya perusahaan dalam berinvestasi pada perempuan adalah berkolaborasi bersama Pemerintah Daerah dan UMKM lokal mengadakan Kelas Perempuan Maju Digital (KPMD). Kelas ini memberikan pelatihan digitalisasi UMKM dan literasi keuangan secara digital kepada perempuan pelaku usaha lokal. “Selama tahun 2023, Tokopedia bersama Pemda telah membantu lebih dari 800 perempuan pelaku UMKM dari berbagai daerah meliputi Medan, Bandung, Semarang, Surabaya, Surakarta, Yogyakarta hingga Bali,” jelas Rizky.

Selain itu, bersama Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA), perusahaan penyedia platform juga telah meluncurkan modul perempuan maju digital yang tersedia secara gratis melalui pusat edukasi penjual untuk memberikan pembekalan edukasi dan pendampingan bagi perempuan pelaku usaha. “Berbagai topik pembahasan bisa ditemukan di modul tersebut, di antaranya langkah awal pemberdayaan bisnis usaha perempuan,” ungkap Rizky.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved