Management

Terapkan Sistem HSEE Lengkap, PGEO Raih 2 Penghargaan K3 Bergengsi

Pertamina Geothermal Energy (PGEO) raih Best Companies in HSE Implementation dari SWA. (Foto Ikhsan/Mix_)

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGEO) berhasil meraih dua penghargaan K3 bergengsi yakni Best Companies in HSE Implementation dari SWA Media dan Patra Adikriya Bhumi Utama dari PT Pertamina. PGEO dinilai berprestasi dalam penerapan Health, Safety, Security & Environment (HSSE) tahun 2023.

Penghargaan dari SWA diserahkan pada malam awarding di Jakarta, Senin (4/3/2024) malam. Sementara penghargaan Patra Adikriya Bhumi Utama diserahkan oleh Wakil Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Wiko Migantoro pada acara puncak Penutupan Bulan K3 Pertamina tahun 2024 di Refinery Unit (RU) III Plaju, Sumatera Selatan Selasa (05/03/2024).

"Prestasi ini sungguh membanggakan dan merupakan hasil dari implementasi sistem manajemen HSSE yang menyeluruh di PGE. Sebagai bagian dari upaya pencapaian operational excellence di semua aspek, PGE konsisten menerapkan aspek keselamatan, kesehatan, keamanan, dan kepatuhan lingkungan dalam semua operasinya. Penghargaan ini pantas disyukuri oleh semua insan PGE," kata Direktur Utama PGEO Julfi Hadi, Rabu (6/3/2024).

Sebagaimana diketahui, penilaian Patra Adikriya Bhumi Utama dilakukan berdasarkan seleksi kinerja aspek HSSE tahun 2023 di seluruh unit bisnis di Grup Pertamina. Pada kesempatan ini, PGE Area Ulubelu berhasil meraih Peringkat Utama, sementara PGE Area Kamojang dan PGE Area Lahendong mendapatkan Peringkat Madya.

Untuk penghargaan dari SWA Media, dewan juri menilai PGEO mampu meningkatkan keselamatan kerja dan produktivitas tenaga kerja, menekan angka kecelakaan kerja, kehilangan jam kerja, angka kerusakan produk, serta dapat menghemat biaya. Selain itu, indikator penilaian dalam penghargaan ini menitikberatkan pada kepemimpinan (leadership) 10%, strategi (strategy) 10%, pemangku kepentingan (stakeholders) 10%, pekerja (workforce) 10%, operasi (operations) 20%, Hasil (results) – 30%, pengukuran, analisis dan pengelolaan pengetahuan 10%.

Menurut Julfi, penting untuk mempertahankan komitmen pelaksanaan program HSSE guna mendukung pencapaian yang lebih baik di masa depan. "Seluruh pencapaian ini tidak terlepas dari dukungan semua pihak di PGEO, pemangku kepentingan, dan masyarakat. Semoga kegiatan operasional produksi berjalan dengan aman dan lancar, serta sinergi positif yang telah terjalin dengan baik selama ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan di masa yang akan datang," tutur Julfi.

Penghargaan Patra Adikriya Bhumi adalah penghargaan di bidang HSSE yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kepedulian, peran aktif, dan motivasi seluruh Unit Operasi dan Anak Perusahaan Pertamina dalam mengimplementasikan instruksi, komitmen, dan target perusahaan guna terwujudnya HSSE Excellence.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved