Trends

Resep Meningkatkan Kebugaran Fisik dan Mental

Resep Meningkatkan Kebugaran Fisik dan Mental

Berolahraga itu bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan mental. Beragam jenis olahraga mudah diakses publik, semisal berenang, berlari, yoga, sepakbola dan lainnya. Agus Miftah, Head of High Performance Unit Asiop Football Academy, menyampaikan rutinitas berolahraga itu dapat meningkatkan kekuatan dan kekuatan otot, meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan kualitas tidur, dan mengurangi stres. “Dengan rutin berolahraga, Anda dapat merasakan peningkatan energi dan kebugaran secara keseluruhan,” ujar Agus saat dihubungi SWAonline pada Sabtu (9/3/2024).

Dengan berolahraga, lanjut Agus, dapat menciptakan keseimbangan antara tuntutan kerja dan kehidupan pribadi. Dia menjabarkan metode untuk menjaga kebugaran adalah rutin melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit per hari, pilih jenis olahraga yang digemari sehingga termotivasi untuk melakukannya secara teratur, dan berolahraga dengan teman dapat membuat aktivitas fisik menjadi lebih menyenangkan dan memotivasi satu sama lain. “Sedangkan, nutrisi yang dibutuhkan diantaranya mengonsumsi air sebelum, selama, dan setelah berolahraga untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh. Kemudian, konsumsilah makanan karbohidrat kompleks seperti roti gandum, beras merah, dan kentang serta protein membantu memperbaiki dan membangun otot yang rusak saat berolahraga. Konsumsilah sumber protein seperti daging tanpa lemak, ikan, dan kacang-kacangan,” tutur Agus.

Sebelum memulai program kebugaran, Agus menghimbau penggiat olahraga untuk memiliki perencanaan yang matang. Tentukan tujuan kebugaran Anda, pilih jenis olahraga yang sesuai, dan buat jadwal rutin untuk melakukannya. Selama pelaksanaan program kebugaran, monitor kemajuan Anda, berikan variasi dalam latihan, dan tingkatkan intensitas seiring berjalannya waktu.

Berikutnya, Agus menyampaikan cara mengatasi kendala dalam berolahraga, antara lainberolahraga di rumah.” Anda dapat mengikuti video latihan di internet atau menggunakan peralatan kecil seperti matras yoga dan dumbbell,” sebutnya.Kemudian, bergabunglah dengan kelompok olahraga atau kelas kebugaran di komunitas. Ini tidak hanya akan menghilangkan rasa kesepian, tetapi juga membangun jejaring sosial.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved