Business Update

Transformasi Bintang Toedjoe dengan SIASAT

Oleh Editor
Transformasi Bintang Toedjoe dengan SIASAT

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar PT Bintang Toedjoe? Perusahaan jamu? Perusahaan legenda?

PT Bintang Toedjoe yang dikenal sebagai old & legend “JAMU” company sudah berdiri sejak 29 April 1946 dengan produk andalannya adalah Obat Puyer No. 16. Persepsi masyarakat terhadap PT Bintang Toedjoe yang “old & legend” merupakan bagian dari perjalanan perusahaan kami, dimana hal tersebut membuat kami menghadapi tantangan yang tidak mudah terutama ketika mencari kandidat baru dari generasi muda. Namun kami sadar bahwa untuk tetap eksis dalam situasi yang VUCA (volatile, uncertainty, complexity, ambiguity), kami harus #Go2ExtraLevel.

Menjadi perusahaan yang Simple, Agile, dan Savvy Tech (SIASAT) merupakan tujuan PT Bintang Toedjoe dalam bertransformasi untuk mengikuti perkembangan zaman. SIASAT dicapai dengan tiga pilar Employer Branding Activation yang terdiri dari Cultural Experience, Physical Experience, dan Digital Experience. Ketiga pilar tersebut dilakukan secara konsisten untuk memperbaiki pengelolaan human capital khususnya dalam meningkatkan kapabilitas sumber daya manusia dalam memproduksi obat-obatan dan suplemen kesehatan seperti yang telah dikenal oleh masyarakat, contohnya Extra Joss, EJ Sport, Femmy, Komix, Puyer 16, Slasi dan lainnya.

Dalam rangka memperhatikan well-being karyawan, Bintang Toedjoe melalui program SPEKTRA yaitu Sporty & Engagement, Extra! Extra Happy dan Extra Healthy berusaha untuk memenuhi aspek mind, body, dan soul setiap karyawan.

Pada aspek mind, Bintang Toedjoe melakukan inisiatif untuk memberikan training transformative mindset, one on one session, personalize training with minimum hours dengan tujuan untuk pengembangan karyawan sesuai dengan rencana pengembangan masing-masing individu.

Pada aspek soul, Bintang Toedjoe mengadakan gathering baik employee gathering, family gathering dan department gathering. Selain itu Bintang Toedjoe juga melaksanakan perayaan hari besar keagamaan seperti buka puasa bersama, Halal Bi Halal, Paskah, Natal dan juga hari besar dunia seperti hari Ayah, hari Ibu dan Valentine Day. Bintang Toedjoe memberikan hadiah ulang tahun kepada tiap karyawan dan juga penghargaan masa kerja sesuai dengan masa kerja masing-masing karyawan. Selain itu untuk karyawan Bintang Toedjoe yang melakukan kegiatan-kegiatan di luar job description, perusahaan juga memberikan apresiasi berupa poin yang dapat dikumpulkan oleh karyawan dan ditukarkan barang. Dalam rangka mendukung kesehatan mental dari karyawan, Bintang Toedjoe bekerjasama dengan riliv dalam menyediakan webinar terkait isu-isu kesehatan mental dan fasilitas konsultasi psikolog kepada karyawan yang membutuhkan.

Pada aspek body, Bintang Toedjoe juga membuka beberapa klub olahraga agar karyawan dapat menyalurkan hobi dan bakatnya seperti mini soccer, basket dan pound fit, serta adanya kegiatan kompetisi olah raga tahunan antar departemen, yaitu B7 fighter, dirasakan dapat mempererat hubungan antar karyawan. Selain itu Bintang Toedjoe juga melaksanakan medical check up secara berkala untuk memantau kesehatan karyawan agar karyawan dapat tetap sehat dan bugar selama bekerja.

Dalam mengikuti perkembangan teknologi, Bintang Toedjoe memfokuskan semua proses bisnisnya pada digitalisasi. Transformasi Digital dimulai dengan mentransformasi mindset para karyawannya. Hal pertama yang dilakukan adalah dengan menciptakan awareness hingga terciptanya smart & digital maturity pada semua level karyawan. Untuk proses Transformasi Digital yang diimplementasi, Bintang Toedjoe memperoleh penghargaan Aggressive Transformation dari Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. Melalui inisiatif yang telah disebutkan diatas, Bintang Toedjoe akhirnya dapat merasakan dampak positif secara internal dan eksternal. Salah satu dampak eksternal yang dirasakan adanya perubahan image Bintang Toedjoe yang semakin menguat di masyarakat, ditandai dengan diraihnya tiga penghargaan sekaligus pada HR Excellence Award 2023 yang diselenggarakan oleh SWA Media Group dan Lembaga Management Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Indonesia, yaitu pada kategori HR Digitization & People Analytics, Employer Branding and Talent Acquisition, serta kategori Well-being Management.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved