Business Update

KMN EyeCare Berkomitmen Sediakan Perawatan Mata Terbaik di Indonesia

CEO KMN - Rudy C. Susilo

Kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan mata kini semakin meningkat. Untuk menangani masalah kesehatan mata, tentu pasien harus pandai-pandai memilih penyedia layanan terbaik.

KMN EyeCare adalah salah satu nama yang layak dipertimbangkan. Pasalnya, penyedia layanan kesehatan mata ini merupakan salah satu jaringan rumah sakit/klinik mata terbesar di Indonesia. Apalagi, KMN EyeCare berkomitmen untuk fokus pada layanan yang berkualitas, penggunaan teknologi terkini, dan kepuasan pasien.

KMN EyeCare yang berdiri sejak 2004 menyediakan layanan untuk menangani berbagai gangguan mata, seperti masalah di retina, katarak, mata kering (dry eye), glaukoma, mata juling (strabismus), dan retinopati pada bayi prematur. KMN EyeCare juga memberikan layanan LASIK dan pediatrik oftalmologi. Saat ini, KMN EyeCare telah memiliki beberapa cabang yang berlokasi di Jakarta Utara (Kemayoran), Jakarta Barat (Kebon Jeruk), Jakarta Selatan, dan Semarang.

Menurut CEO KMN EyeCare, Dr. Rudy C. Susilo, KMN EyeCare menjadi unggul karena “Medical Outcome & Service Quality” yang baik. “Untuk Medical Outcome, kami selalu melakukan benchmarking dengan Medical Outcome operasi sejenis yang bersumber dari Jurnal Internasional. Benchmarking ini menunjukkan hasil bahwa Medical Outcome KMN EyeCare selalu setara atau lebih baik dibandingkan “standar” internasional tersebut. Hal ini tentu tidak terlepas dari Sumber Daya Manusia yang mumpuni, Peralatan Operasi dan Bahan Habis Pakai (Consumables) berkualitas tinggi yang kami pakai seperti produk dari Alcon, Zeiss dan Johnson and Johnson atau produk lain yang setara”, ujar Dr. Rudy.

Dr. Rudy melanjutkan, “Untuk Service Quality, kami melakukan berbagai macam upaya yang sistematik untuk memastikan bahwa layanan kami sesuai dengan harapan pasien. Kami bersyukur karena dapat mempertahankan layanan dengan baik semenjak KMN EyeCare berdiri. Survei Kepuasan Pelanggan tahun 2023 menunjukkan hasil yang sangat baik, yaitu 99% pasien yang datang ke KMN EyeCare menyatakan mereka puas/sangat puas atas layanan kami. Bahkan 73% di antaranya mengisi sangat puas”.

KMN EyeCare juga secara reguler meningkatkan profesionalisme para dokter spesialis beserta stafnya melalui program high tech training di luar negeri. Melalui program yang disesuaikan dengan kemajuan teknologi dalam operasi dan pengobatan mata ini, pelayanan terhadap seluruh pasien diharapkan dapat memberikan hasil yang memuaskan dengan tingkat keamanan dan kenyamanan yang tinggi.

KMN EyeCare berkomitmen memberikan layanan yang ramah sepenuh hati, penuh empati, dan personal kepada setiap pasien. Mulai dari pendaftaran hingga perawatan pascaoperasi. Setiap tahapan perawatan mata dirancang untuk membuat pasien merasa nyaman dan dihargai.

Menurut Dr. Rudy, pihaknya terus berinovasi dalam memudahkan interaksi dengan pasien, contohnya pendaftaran konsultasi dapat dilakukan tidak hanya melalui telepon ke call center dan WhatsApp, tapi juga dapat dilakukan melalui website.

“Untuk memastikan hasil operasi sesuai dengan yang diharapkan, kami juga melakukan follow-up kepada setiap pasien yang baru saja menjalani operasi” kata Dr. Rudy.

KMN EyeCare memiliki sistem untuk memastikan bahwa semua keluhan ataupun masalah pasien dapat segera ditindaklanjuti dan ditangani. Setiap keluhan berikut penelusuran, tindakan koreksi, serta korektifnya dicatat dan dilaporkan secara berkala kepada manajemen.

KMN EyeCare berusaha menjaga loyalitas pelanggan dengan baik, di antaranya dengan melakukan inovasi layanan sehingga dapat memberikan “WOW effect”. Dari survei tahun lalu, 99% pasien KMN EyeCare bersedia merekomendasikan KMN EyeCare kepada keluarga, kerabat atau temannya.

Untuk kebutuhan promosi, KMN EyeCare menggunakan media digital sebagai tools utama. Ini mencakup penggunaan media sosial, seperti YouTube, Instagram, Facebook, X, TikTok, bahkan medsos terbaru, Threads.

“Kami menggunakan media tersebut untuk berkomunikasi dengan customer dan mempromosikan program-program KMN EyeCare,” Dr. Rudy menjelaskan. Selain media digital, KMN EyeCare juga rutin mengadakan seminar untuk memberikan edukasi ke berbagai komunitas.

“Untuk memastikan layanan yang diberikan kepada pelanggan merupakan layanan yang terbaik, KMN EyeCare menyediakan pelatihan berkala bagi setiap karyawan. Mereka dibekali dengan semua prosedur dan instruksi kerja yang menunjang” ungkap Dr. Rudy.

Bahkan khusus untuk perawat, KMN EyeCare mempunyai program tersendiri, yaitu Ophthalmic Nursing Development Program (ONDP). ONDP merupakan program pelatihan internal untuk para perawat yang akan bekerja di KMN EyeCare. Tujuannya adalah untuk mempersiapkan agar mereka siap bekerja dengan skill dan knowledge yang diperlukan, memahami semua prosedur yang terkait dengan pekerjaannya, serta memiliki service attitude dan budaya kerja seperti yang diharapkan.

Tahun 2023, KMN EyeCare berhasil meraih pertumbuhan laba yang baik dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini ditopang pencapaian yang baik dari segi jumlah operasi dan pengelolaan biaya yang efektif. “Bahkan, laba perusahaan di tahun 2023 merupakan yang tertinggi sejak KMN EyeCare didirikan,” kata Dr. Rudy bangga.

Meski belum ada rencana pengembangan dan ekspansi di tahun 2024, saat ini fokus KMN EyeCare ialah meningkatkan kualitas medical outcome dan service quality sehingga tingkat kepuasan pasien bisa dipertahankan di level yang tinggi. Beberapa perbaikan pun dilakukan, di antaranya implementasi Electronic Medical Record dan perbaikan layanan call center.

Dalam waktu dekat, KMN EyeCare akan meluncurkan KMN Mobile Apps. Ini akan semakin memudahkan pasien untuk melakukan pendaftaran konsultasi dengan para dokter KMN EyeCare. Dan pasien juga dapat menikmati banyak manfaat lainnya dari Apps tersebut.

Dr. Rudy melihat peluang industri kesehatan mata akan terus berkembang seiring dengan meningkatnya usia harapan hidup masyarakat serta kesadaran akan pentingnya kesehatan mata. Pertumbuhan ekonomi, ilmu pengetahuan, populasi, dan kebutuhan masyarakat akan layanan kesehatan mata yang berkualitas juga semakin meningkat setiap tahunnya.

Saat ini gangguan penglihatan tidak hanya ditemukan pada usia tua, tapi juga pada kelompok usia produktif dan anak-anak. Penggunaan komputer dan gawai yang saat ini semakin intensif dapat berpengaruh pada kesehatan mata. “KMN EyeCare melihat hal ini sebagai peluang yang baik bagi industri kesehatan mata,” kata Dr. Rudy.§

Kutipan:

“Kami selalu melakukan evaluasi untuk meningkatkan kualitas layanan.” dr. Rudy C. Susilo, CEO KMN EyeCare


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved