Strategy

Jurus Citibank Perkuat Bisnis Institutional Banking dan Tarik FDI ke Tanah Air

Jurus Citibank Perkuat Bisnis Institutional Banking dan Tarik FDI ke Tanah Air
Direktur Utama Citi Indonesia Batara Sianturi. (foto Ubaidillah/SWA)

Pascapenjualan bisnis consumer banking di Indonesia, Citi terus berkomitmen melalui bisnis institutional banking. Citi memfasilitasi investasi asing langsung (FDI) ke Indonesia melalui klien multinasionalnya yang berjumlah sekitar 500 perusahaan, dimana 90% di antaranya adalah perusahaan Fortune 500

Melalui salah satu lini bisnisnya, yaitu Global Network Banking (GNB), Citi Indonesia telah mengembangkan tim khusus yang fokus melayani klien multinasional dari berbagai negara seperti Jepan Desk, Greater China Desk, Korea Desk, dan beberapa lainnya. Tim khusus ini telah melayani klien sejak bertahun-tahun, salah satunya Japan Desk yang telah berdiri selama 15 tahun.

Sepanjang tahun 2023, GNB mencatatkan pertumbuhan pendapatan double- digit melalui berbagai inisiatif, termasuk koridor Asia-to-Asia atau klien Asia Citi yang berinvestasi di Indonesia, dengan salah satu kontribusi terbesarnya berasal dari China desk dan Japan desk. Perseroan memiliki representasi di hampir semua kelas bisnis dan aset, menawarkan rangkaian lengkap layanan perbankan institusional.

“Kami memiliki layanan perbankan institusional lengkap meliputi perbankan korporat dan investasi, perbankan komersial, markets, layanan sekuritas, hingga transaksi perbankan atau treasury and trade solutions. Global Network Banking menjadi salah satu bisnis unggulan kami yang melayani kebutuhan keuangan yang kompleks dari perusahaan multinasional terkemuka dan anak perusahaan mereka di seluruh dunia, termasuk yang beroperasi di Indonesia," ungkap CEO Citi Indonesia Batara Sianturi, Jumat (22/03/2024).

GNB menyediakan solusi modal kerja dan manajemen risiko yang komprehensif, membantu perusahaan multinasional mengelola operasional mereka sepanjang waktu dan di seluruh dunia perdagangan, manajemen kas, pendapatan tetap, komoditas, dan mata uang untuk bisnis klien kami. Baru-baru ini, Citi Indonesia menyelenggarakan Japan Day 2024 untuk menegaskan kembali komitmennya kepada para klien perusahaan Jepang yang berjumlah lebih dari 100 klien.

Menurut Kementerian Investasi, FDI ke Indonesia tumbuh sebesar 13,7% yoy sepanjang tahun 2023. Singapura menjadi investor asing terbesar dengan total FDI senilai $15,4 miliar, diikuti oleh Tiongkok (US$7,4 miliar) dan Hong Kong (US$6,5 miliar). Investor Jepang berinvestasi senilai US$4,6 miliar di Indonesia pada periode 2023, diikuti oleh Malaysia di peringkat kelima dengan investasi senilai US$4,1 miliar.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved