Property

Sambut Arus Mudik Lebaran, Astra Infra Intens Siapkan Infrastruktur

Sambut Arus Mudik Lebaran, Astra Infra Intens Siapkan Infrastruktur
Suasana arus lalu lintas di Tol Cipali. Astra Infra sempurnakan sarana tol sambut mudik lebaran 2024. (dok Astra Infra)

Momen hari-hari besar seringkali disertai dengan peningkatan mobilitas masyarakat untuk berwisata maupun silaturahmi bersama keluarga. Memasuki bulan Ramadan, Astra Infra terus melakukan berbagai upaya peningkatan layanan, khususnya dalam rangka persiapan menghadapi arus mudik Lebaran 1445 H.

Upaya tersebut antara lain meliputi peningkatan kesiapan kondisi jalan, kesiapan rest area, serta kesiapan pengaturan lalu lintas. Astra Infra juga terus melakukan koordinasi dengan stakeholders terkait. “Saat ini kami secara intensif terus melakukan persiapan dalam rangka mewujudkan perjalanan yang lancar, aman, dan nyaman untuk masyarakat pada arus mudik lebaran tahun ini,” ujar Group COO Astra Infra Billy Perkasa Kadar, Senin (24/03/2024).

Persiapan antara lain telah dilakukan Astra Infra Tollroad Cikopo – Palimanan yang melakukan koordinasi persiapan Lebaran 2024 melalui Rapat Tactical Floor Game (TFG) bersama kepolisian untuk mendiskusikan penanganan rekayasa lalu lintas. Sedangkan dari sisi sarana dan prasarana, telah disiapkan 5.000 rubber cone untuk menunjang pelaksanaan rekayasa lalu lintas berupa one way maupun contra flow yang direncanakan sesuai keputusan pemerintah.

Sementara itu di Astra Infra Tollroad Tangerang-Merak, dilakukan persiapan yang antara lain meliputi peningkatan layanan lalu lintas melalui manajemen trafik, penyiapan lajur-lajur utama arus ke Gerbang Tol Merak, Cilegon Timur, dan dukungan delaying system mengantisipasi kepadatan ke arah Pelabuhan Merak. Selain itu, dilakukan juga dukungan pembatasan angkutan barang, penambahan toilet portable di rest area dan jalur, peningkatan kapasitas parkir di rest area KM 43 A, serta peningkatan penyebaran layanan informasi publik.

Persiapan juga dilakukan di Astra Infra Tollroad Jombang-Mojokerto, yang dilakukan dengan menyiapkan 12 mobile reader untuk mengurai kepadatan di gerbang tol. Selain itu, untuk pengguna kendaraan listrik, telah disiapkan fasilitas Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik ultra fast charging secara gratis di rest area Teras Melati KM 695A.

Billy juga mengimbau pengguna jalan yang menunaikan ibadah puasa untuk dapat tetap mengutamakan keselamatan dengan menjaga batas kecepatan dan beristirahat jika lelah, mengantuk, atau telah berkendara selama 4 jam berturut-turut. Pengguna jalan juga diimbau untuk menjaga fasilitas dan beristirahat secukupnya di rest area.

“Jika rest area penuh, pengguna jalan juga dapat memanfaatkan tempat istirahat di luar jalan tol, untuk kemudian kembali masuk tanpa tambahan biaya. Dalam kondisi cuaca hujan, pengguna jalan juga diimbau untuk menjaga batas kecepatan maksimal 70 km/jam,” ujarnya.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved