Capital Market & Investment

Penjualan ERAL Tahun 2023 Capai Rp3,73 Triliun, Ini Strategi Bisnisnya

Penjualan ERAL Tahun 2023 Capai Rp3,73 Triliun, Ini Strategi Bisnisnya

PT Sinar Eka Selaras Tbk (ERAL) mengumumkan peningkatan penjualan bersih sebesar 22,8% YoY pada tahun 2023 menjadi Rp3,73 triliun dari tahun sebelumnya, yaitu Rp3,04 triliun. Perseroan mencatatkan laba bersih setelah pajak sebesar Rp211 miliar dengan marjin laba bersih sebesar 5,7% sepanjang tahun 2023 melalui strategi ekspansi jaringan ritel dan portofolio bisnis baru.

Direktur Utama ERAL Johan Sutanto mengatakan perseroan fokus pada pengembangan dan produktivitas bisnis yang telah ada, seperti merek Urban Republic, Garmin Brand Stores, DJI Experience Stores, JD Sports dan lainnya yang menghasilkan kenaikan penjualan bersih pada tahun 2023. Di samping itu, performa bisnis juga mendapatkan momentum tambahan pada kuartal IV dengan tingginya permintaan selama libur akhir tahun, serta maraknya peluncuran berbagai produk baru.

“Kondisi itu menggugah minat masyarakat untuk berbelanja produk–produk gaya hidup terkini seiring tren yang berganti dengan cepat. Sebagai peritel gaya hidup aktif di Indonesia, kami akan terus mengeksplorasi brand–brand baru dan unik yang berpotensi dikembangkan untuk pasar Indonesia agar bisa memberikan kontribusi yang positif terhadap perusahaan,” kata Djohan dalam rilis resmi, Jumat (29/3/2024).

Djohan mengungkapkan, membawa dua brand baru ke Indonesia yakni 6IXTY8IGHT dan MST Golf menjadi salah satu inisiatif bisnis yang dilakukan ERAL pada tahun 2023. MST Golf Indonesia merupakan kolaborasi ERAL bersama MST Golf Group Bhd, peritel golf ternama di Malaysia, sementara 6IXTY8IGHT adalah merek fashion apparel yang berasal dari Hong Kong.

Selanjutnya, strategi yang konsisten dijalankan perusahaan adalah dengan melibatkan komunitas dari berbagai kategori sebagai cara untuk tumbuh sekaligus memahami kebutuhan dari pengguna. Strategi ini juga berguna untuk mempertahankan pelanggan perseroan, sekaligus untuk menjangkau pelanggan baru.

“Selama tahun 2023, perseroan telah mengadakan lebih dari 200 acara komunitas gaya hidup aktif dengan berbagai brand yang berada di bawah naungan perseroan seperti DJI, GARMIN dan Urban Republic yang diikuti lebih dari 39.000 peserta. Beberapa event komunitas yang telah diselenggarakan di antaranya URmazing Run 2023, Garmin Morning Ride, serta DJI Workshop & Sunset Catching, dan berbagai event lainnya,” ucapnya.

Sepanjang tahun 2023, perseroan juga memperluas jaringan ritelnya dengan penambahan 56 gerai baru sehingga pada akhir tahun 2023 sudah memiliki 116 gerai. ERAL terus menggarap wilayah yang berpotensi untuk dikembangkan seperti di luar Pulau Jawa dengan mengoperasikan 35 gerai di berbagai wilayah seperti Medan, Denpasar dan Makassar. “Perseroan optimistis bahwa tren permintaan produk gaya hidup aktif juga memiliki potensi untuk tumbuh pesat di luar Pulau Jawa,” ujarnya.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved