Capital Market & Investment

Berkat Ekspansi, Erajaya Group Untung Rp826 Miliar di 2023

Berkat Ekspansi, Erajaya Group Untung Rp826 Miliar di  2023
Erajaya Group berhasil meningkatkan pertumbuhan pendapatan 21,6% pada 2023. (dok ERAA)

PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA), perusahaan distributor dan ritel handset mengumumkan laporan keuangan untuk periode tahun 2023 dengan pendapatan tumbuh 21,6%YoY. Perseroan juga mencatatkan laba setelah pajak sebesar Rp826,1 miliar, di tengah strategi ekspansi jaringan ritel melalui pembukaan 629 gerai baru sepanjang 2023.

Penjualan bersih sepanjang tahun 2023 tercatat sebesar Rp60,1 triliun atau meningkat 21,6% dari Rp49,5 triliun pada tahun 2022. Sejalan dengan peningkatan penjualan, laba kotor tercatat tumbuh 20,3% menjadi Rp6,45 triliun, dengan marjin laba kotor sebesar 10,7%.

Wakil Direktur Utama ERAA Hasan Aula mengatakan, tahun 2023 merupakan masa penuh dengan dinamika yang membawa dampak pada pola konsumsi dan gaya hidup masyarakat. Erajaya melihat dinamika ini sebagai salah satu kesempatan untuk mengembangkan vertikal bisnis dan jaringan ritel.

“Beberapa strategi inisiatif yang kami lakukan seperti memperkenalkan brand baru seperti 6IXTY8IGHT dan MST Golf di bawah naungan Erajaya Active Lifestyle. Kami juga menambah kehadiran ritel fisik melalui pembukaan 629 gerai baru di sepanjang tahun 2023,” ujar Hasan dalam rilis resmi, Senin (01/04/2024).

Hingga akhir Desember 2023, Erajaya Group telah memiliki 2.049 gerai ritel yang beroperasi di Indonesia, Malaysia dan Singapura. Perseroan juga memiliki 97 pusat distribusi untuk mendukung operasional bisnis, serta bekerja sama dengan lebih dari 70.000 toko ritel pihak ketiga. Ekspansi jaringan ritel untuk menjangkau kota-kota di Indonesia bertujuan untuk memenuhi permintaan dari masyarakat yang ingin mendapatkan produk dari gerai yang dioperasikan oleh Erajaya Group.

“Paralel dengan pengembangan gerai fisik, perseroan terus mengembangkan channel online untuk menjawab permintaan dari pelanggan melalui layanan e-commerce Eraspace, serta hadir di sejumlah platform e-commerce di Indonesia. Program CRM yang dikembangkan oleh perseroan yakni MyEraspace pada tahun 2023 memiliki hampir 10 juta anggota, atau meningkat 50% dibandingkan dengan jumlah keanggotaan pada tahun 2022,” ujarnya.

Perseroan juga membangun strategi omnichannel yang menggabungkan pengalaman berbelanja offline dan online secara seamless. Beberapa layanan omnichannel yang bisa dimanfaatkan oleh pelanggan setia seperti ‘Click N’ Pickup’ yakni pelanggan yang merampungkan transaksi secara online dengan pengambilan barang di toko fisik, ‘Mobile Selling’ untuk transaksi melalui layanan WhatsApp dan ‘EraXpress’ yang melayani pengiriman hingga purna jual langsung ke rumah konsumen.

“Dengan ekspansi yang telah dilakukan sepanjang tahun 2023, fokus kami selanjutnya adalah meningkatkan produktivitas dan profitabilitas gerai–gerai yang baru dibuka selama 2 tahun terakhir. Fokus yang sama juga akan diberikan untuk vertikal bisnis yang baru dikembangkan melalui pertimbangan yang cermat. Kami optimistis bahwa hal ini dapat melanjutkan momentum pertumbuhan bisnis kedepannya,” ucapnya.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved