Automotive

Indomobil Gandeng Gac Group Kembangkan Mobil Listrik

Indomobil Gandeng Gac Group Kembangkan Mobil Listrik

Gac Aion New Energy Automobile Co., Ltd., anak perusahaan Gac Group bersinergi dengan Indomobil Group yang ditunjuk sebagai distributor resmi mobil listrik buatan China itu untuk dipasarkan di Indonesia.

Penandatanganan kerja sama distribusi kedua pihak diadakan di Jakarta pada Selasa, 2 April 2024. Indomobil Group, melalui anak perusahaannya PT Indomobil Energi Baru menangani distribusi, penjualan, dan purna jual produk Gac Aion. Kedua perusahaan akan bersama-sama memperkenalkan dan mengembangkan merek Gac Aion di Indonesia.

"Sesuai dengan komitmen Indomobil Group dan peran aktif perusahaan dalam mengurangi emisi karbon, kami menghadirkan Gac Aion sebagai salah satu dari tiga produsen kendaraan listrik ternama di dunia," kata Jusak Kertowidjojo, Presiden Direktur Indomobil Group dalam siaran pers (02/04/2024).

Guangzhou Automobile Group Co., Ltd (Gac Group) adalah perusahaan dan grup otomotif besar di Tiongkok dengan rantai industri terlengkap. Holding ini memiliki empat merek mobil penumpang utama yaitu Gac Toyota, Gac Honda, Gac Motor, dan Gac Aion.

Gu Hui Nan, Managing Director Gac Aion New Energy Automobile Co., Ltd mengatakan, Gac Aion adalah anak perusahaan GAC Group yang berdiri tahun 2017. “Gac Aion bertujuan menjadi merek kendaraan listrik pintar kelas dunia dengan jalur pengembangan EV (baterai EV) + ICV (kendaraan terkoneksi cerdas)," katanya.

Gu Hui Nan menambahkan, Gac Aion berkomitmen menjadi pemimpin pencipta nilai global dan terpercaya dalam menyediakan kendaraan listrik pintar dan ramah lingkungan. Gac Aion memiliki dua merek besar yaitu Aion dan Hyper, dengan lini produk meliputi sedan, SUV, dan hypercar. Ke depannya, setidaknya akan ada 3 model baru yang dipasarkan setiap tahun.

Gac Aion adalah salah satu dari sedikit produsen mobil di dunia yang secara mandiri mengembangkan dan memproduksi teknologi inti dari baterai, motor listrik, dan kontrol elektrik. Pabrik baterai dan penggerak listrik telah beroperasi untuk menciptakan rantai industri yang mandiri dan terkendali. Hal ini dilakukan untuk mewujudkan efisiensi produksi yang lebih tinggi, kualitas produk yang lebih baik, dan peningkatan ekonomi.

GAC Aion mempertahankan tingkat pertumbuhan tahunan majemuk rata-rata sebesar 120%, dengan penjualan lebih dari 480.000 kendaraan pada tahun 2023. Selain itu, GAC AION berhasil mencatat volume penjualan 1 juta kendaraan hanya dalam waktu 4 tahun 8 bulan, mencetak rekor global baru.

Pada tahun 2023, Gac Aion mempercepat pelaksanaan strategi globalisasinya dan kini telah memasuki pasar ASEAN seperti Thailand, Malaysia, Singapura, Kamboja, Vietnam, dan Filipina. Lebih lanjut, GAC Aion juga telah berinvestasi dan membangun basis manufaktur pertamanya di luar negeri di Thailand.

Saat ini, Gac Aion akan mulai menyediakan produk energi baru yang lebih canggih, andal, dan cerdas untuk Indonesia. Kendaraan listrik ini memberikan pengalaman mobilitas energi baru berkualitas tinggi dan dapat mendorong pengembangan industri kendaraan listrik di Indonesia.

Indonesia, selain memiliki penduduk terbanyak keempat di dunia, juga memiliki pasar otomotif dan tingkat ekonomi yang tinggi. Sumber daya mineral yang kaya dan kebijakan industri yang mendukung kendaraan ramah lingkungan menjadi salah satu alasan Indonesia dipilih sebagai basis produksi setelah Thailand.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved