Capital Market & Investment

Siapkan Modal Rp775 Miliar, Cinema XXI Tambah 100 Layar Bioskop Tahun Ini

Siapkan Modal Rp775 Miliar, Cinema XXI Tambah 100 Layar Bioskop Tahun Ini
Jajaran direksi CNMA. Perseroan siapkan belanja modal Rp775 miliar, termasuk untuk tambah 100 layar bioskop tahun ini. (dok CNMA)

Bisnis bioskop milik PT Nusantara Sejahtera Raya Tbk (CNMA) atau Cinema XXI semakin moncer. Bahkan, Cinema XXI menjadi pemain bisnis layar bioskop terbesar di Indonesia dengan dengan total 1.280 layar di 60 kota/kabupaten yang tersebar di seluruh Indonesia.

Meski sudah menjadi yang terbesar, perseroan tidak ingin berhenti mengembangkan bisnis. Terbaru, perseroan akan menambah 100 layar bioskop tahun 2024 ini yang akan tersebar di seluruh Indonesia.

Sekretaris Perusahaan sekaligus Direktur Keuangan Cinema XXI Tri Rudy Anitio mengatakan, sebagai pemilik jaringan bioskop terbesar di Indonesia, sampai dengan 31 Desember 2023, Cinema XXI telah menghadirkan 240 lokasi bioskop dengan total 1.280 layar di 60 kota/kabupaten yang tersebar di seluruh Indonesia. Hal ini mendorong peningkatan penjualan tiket bioskop sebesar 84,3 juta penonton pada tahun 2023. Angka tersebut menghasilkan Gross Box Office (GBO) senilai Rp3,5 triliun.

“Sepanjang tahun 2023, Cinema XXI membukukan pendapatan sebesar Rp5,2 triliun dengan perolehan EBITDA sebesar Rp1,7 triliun. Adapun total pendapatan Cinema XXI sepanjang 2023 terutama berasal dari kontribusi penjualan tiket bioskop sebesar 60% dan produk makanan dan minuman sebesar 35,4%,” katanya dalam rilis resmi.

Untuk mendukung ekspansi bisnis, Cinema XXI menyiapkan belanja modal tahun 2024 sekitar Rp775 miliar untuk ekspansi bisnis. Modal itu termasuk pembangunan bioskop dan penambahan sekitar 100 layar yang tersebar di berbagai kota/kabupaten di Indonesia pada 2024.

"Strategi Cinema XXI akan berfokus pada pengelolaan aset dan liabilitas yang lebih produktif, pengembangan bisnis F&B yang lebih bervariasi, dan implementasi prinsip-prinsip ESG dalam berbagai lini usaha. Upaya ini untuk mewujudkan komitmen kami dalam meningkatkan nilai tambah secara berkelanjutan," ujar Anitio.

Anitio menyampaikan optimismenya terhadap perkembangan industri hiburan di Tanah Air, terutama sektor perbioskopan dan perfilman. Hal ini didukung oleh minat masyarakat dalam menonton film yang tinggi dan karenanya potensi pertumbuhan jumlah layar bioskop di Indonesia masih sangat besar.

“Cinema XXI berkomitmen untuk selalu memberikan pengalaman menonton terbaik dan tanpa kompromi dengan harga yang terjangkau bagi seluruh masyarakat Indonesia,” ungkapnya.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved