Youngster Inc. Entrepreneur

Perjuangan Yunita Membangun Bisnis Pakaian Ibu Hamil Mimo Label

Membangun bisnis bagi seorang perempuan bukan hal yang mudah. Bagi sebagian perempuan, mereka harus pintar membagi waktu dalam berperan sebagai ibu, istri, juga seorang entrepreneur.

Yunita yang merupakan pemilik bisnis Mimo Label yang bergerak di bidang fesyen perempuan, khususnya menjual pakaian khusus untuk ibu hamil, menceritakan perjuangannya membangun bisnis. Memulai usaha pada tahun 2018, bisnis ini berawal dari keresahan Yunita yang sedang hamil, tetapi kesulitan untuk mencari pakaian perempuan yang nyaman digunakan oleh para ibu yang sedang mengandung.

“Salah satu tujuan utama saya dalam mendirikan bisnis ini adalah menyediakan pakaian hamil yang nyaman bagi perempuan yang aktif. Saat saya sedang mengandung anak ketiga, sulit bagi saya untuk mendapatkan pakaian khusus dan nyaman untuk ibu hamil. Saya melihat ini sebagai peluang bisnis yang menjanjikan karena berkaitan dengan kebutuhan dasar para ibu hamil, di mana sangat diperlukannya kenyamanan, termasuk salah satunya dalam berpakaian,” kata Yunita.

Yunita bercerita bahwa awal memulai bisnis, menjadi tantangan tersendiri baginya, karena harus bekerja dan menjadi seorang ibu. Dirinya kesulitan dalam membagi waktu untuk mengembangkan bisnis dan juga memantau perkembangan anak. Namun, berkat dukungan keluarga dan juga kegigihannya dalam bekerja, Yunita dapat melewati berbagai tantangan dan dapat mewujudkan mimpinya.

"Meskipun terkadang masih ada stigma mengenai perempuan yang seharusnya di rumah, namun kenyataannya, perempuan juga memiliki kemampuan untuk menjalankan bisnis sendiri, bahkan saat mengurus rumah tangga dan anak. Oleh karena itu, saya ingin menyampaikan pesan semangat kepada para pelaku UKM perempuan, ibu-ibu agar tetap bersemangat dalam menjalankan berbagai peran kita sebagai seorang pengusaha dan juga seorang ibu,” ujar Yunita.

Kini usahanya telah memiliki toko fisik yang terletak di Jakarta dan juga Kendari. Mimo label juga mempekerjakan masyarakat sekitar yang terdiri dari ibu rumah tangga ataupun pekerja wanita muda untuk melayani konsumen yang membeli baik secara online maupun offline. Yunita telah menjual produk pakaian ibu hamil sampai dengan puluhan ribu barang dengan omset ratusan juta.

“Mempekerjakan para wanita bertujuan membuka kesempatan agar masyarakat sekitar bisa berdaya. Para wanita juga harus diberikan kesempatan dan peluang yang sama dalam dunia kerja, karena wanita itu hebat dan enggak kalah dengan laki-laki,” katanya.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved