Management

Dana Umumkan Eks Menkominfo Rudiantara Menjadi Komisaris Utama

Eks Menkominfo Rudiantara (kanan) resmi menjadi Komisarsi Utama Dana. (dok Dana)

Perusahaan teknologi keuangan yang menyediakan platform pembayaran dan layanan keuangan digital Dana mengumumkan bahwa eks Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Rudiantara resmi menjadi Komisaris Utama, Rabu (24/4/2024). Sebelumnya, Rudiantara merupakan komisaris di PT Semen Indonesia.

Dalam rilis perusahaan mengenai pengangkatannya, Rudiantara mengatakan dalam enam tahun terakhir, dia telah menyaksikan perjalanan Dana menciptakan platform pembayaran dan layanan keuangan yang inklusif dengan visi mulia, yaitu mewujudkan masyarakat Indonesia nontunai. Selain bertumbuh menjadi 180 juta pengguna, Dana semakin inklusif.

“Sebanyak 60% pengguna Dana banyak menduduki kota-kota di tier 3 dan 4 di Indonesia. Potensi pertumbuhan Dana pun masih sangat besar, mengingat jumlah unik pengguna layanan seluler di Indonesia mencapai lebih dari 240 juta. Oleh karena itu, semua dapat berperan serta meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia,” ujar Rudiantara.

Diketahui, sejak tahun 2018, jumlah pengguna Dana terus bertambah signifikan juga ditandai dengan melonjaknya jumlah UMKM mitra Dana Bisnis yang kini mencapai 700 ribu dan rata-rata transaksi harian yang meningkat sebesar 102% (YoY). Di samping itu, jumlah UMKM yang menggunakan QRIS Dana sebagai merchant pun meningkat sebesar 37% pada tahun 2023 dibandingkan tahun 2022. Dibandingkan tahun 2020, jumlahnya meningkat sebesar 295%.

Perkembangan transaksi digital juga tidak hanya dirasakan di Tanah Air. Berkat terobosan dari Bank Indonesia melalui standardisasi pembayaran antarnegara atau QR Cross Border, sistem pembayaran ASEAN pun semakin terhubung. Perusahaan ini menjadi salah satu penyedia jasa pembayaran non bank pertama yang telah mengimplementasikan QR Cross Border di tiga negara, yaitu Singapura, Malaysia, dan Thailand.

“Sejalan dengan salah satu prinsip kami yaitu, trusted, maka kepercayaan pengguna senantiasa kami prioritaskan melalui berbagai upaya. Upaya ini termasuk mengimplementasikan teknologi AI. Harapannya, penggunaan AI tidak hanya mempermudah pekerjaan sehari-hari tech engineers kami secara internal, tetapi juga bisa memperkaya fitur dan layanan keuangan digital Dana agar semakin diandalkan,” kata Norman Sasono, Chief Technology Officer Dana Indonesia.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved