Corporate Action

Kolaborasi AirAsia-BII Servis Biro Perjalanan

Oleh Admin
Kolaborasi AirAsia-BII Servis Biro Perjalanan

PT Bank Internasional Indonesia Tbk (BII) menyediakan solusi cash management kepada maskapai PT Indonesia AirAsia dan rekanan biro perjalanannya. Agen wisata kini dapat membayar pembelian tiket AirAsia secara online dan cepat melalui BII CoOlPaY (Corporate Online Payment), yakni sebuah solusi payment gateway berbasis internet.

PT Bank Internasional Indonesia Tbk (BII) menyediakan solusi cash management kepada maskapai AirAsia Indonesia dan rekanan biro perjalanannya.

“Ini adalah suatu win-win collaboration antara AirAsia dan BII,” sebut Dato’ Khairussaleh Ramli, Presiden Direktur BII, di Jakarta, Jumat (15/2/2013).

Detailnya, BII mendukung maskapai AirAsia dalam penjualan tiket pesawat melalui biro perjalanan. Biro perjalanan yang menjadi rekanan AirAsia dapat membayar pembelian tiket maskapai melalui BII CoOLPAY. Dengan begitu, biro perjalanan AirAsia dapat melakukan pembayaran tiket tanpa perlu datang ke bank. BII CoOLPAY ini pun bisa diakses kapan saja dan di mana saja.

Dan biro perjalanan pun dapat dengan mudah melakukan pembayaran pengisian ulang (top up) secara otomatis. Proses tersebut akan meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan ke biro perjalanan karena nilai top up dapat diperbaharui secara cepat dan aman.

Keuntungan bukan hanya datang ke biro perjalanan. Pihak AirAsia juga mendapatkan kemudahan dalam memantau pembayaran tiket dari biro perjalanan. Maskapai ini bisa secara langsung menerima laporan secara online dan real time. Bagi BII, keuntungan dari kerja sama adalah bank mendapatkan dana dari biro perjalanan dan fee dari transaksi.

Dalam kesempatan yang sama, Darmadi, Presiden Direktur PT Indonesia AirAsia, menuturkan, “Dengan adanya kerja sama ini sekarang kita lebih terbuka. Dalam artian peran travel agent akan lebih besar, karena kita akan berkembang terus, bahwa saat ini kita beroperasi dengan 22 pesawat.”

Disebutkan Darmadi, aplikasi teknologi yang inovatif menjadi kunci kesuksesan AirAsia. Mengingat pembelian tiket pesawat melalui internet mencapai 87 persen dari total penjualan tiket. Oleh karena itu, ia menyatakan rasa senang terhadap kerja sama yang dilakukan dengan BII. “Melalui BII CoOLPAY, biro perjalanan rekanan AirAsia dapat melakukan pengisian ulang dengan lebih mudah dan nyaman. Kami yakin fasilitas ini membantu pengembangan bisnis AirAsia,” kata dia.

Suryawan Sutjitro, Head of Distribution PT Indonesia AirAsia , menambahkan, “Kita (kerja sama keduanya) sudah berjalan selama dua minggu.” Di mana jumlah biro perjalanan yang telah terdaftar dalam BII CoOLPAY ini sudah mencapai 1.500 perusahaan agen. Jumlah pemesanan lewat internet oleh biro perjalanan pun sudah mencapai angka 13 persen.

Kerja sama BII dengan AirAsia sebenarnya telah dilakukan sejak 2011. Awalnya, BII mendukung AirAsia dalam penjualan langsung tiket pesawat kepada pelanggan dengan menyediakan layanan BII e-commerce. Layanan tersebut mendukung pelanggan perorangan di Indonesia untuk membeli tiket pesawat secara online. Tune Hotels, yang merupakan anak perusahaan AirAsia juga menggunakan layanan tersebut dalam mendukung nasabahnya melakukan pembelian voucher hotel. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved