Personal Finance

Bayar Utang Bank, Lautan Luas Terbitkan Obligasi Rp 700 Miliar

Oleh Admin
Bayar Utang Bank, Lautan Luas Terbitkan Obligasi Rp 700 Miliar

Perusahaan bahan kimia dasar dan khusus, PT Lautan Luas Tbk, akan menerbitkan obligasi dengan nilai total Rp 1,2 triliun dalam kurun waktu dua tahun ke depan. Obligasi ini ditawarkan dalam dua tahap. Nantinya, hasil dari penerbitan obligasi ini akan digunakan untuk membayar utang perseroan.

Mulai hari ini, Jumat (17/5/2013), Lautan Luas memulai penawaran awal atas Obligasi Berkelanjutan Tahap I. “Nilai penawaran obligasi tahap I sebanyak-banyaknya Rp 700 miliar,” terang Mardy Sutanto, Direktur Utama BCA Sekuritas, di Jakarta. BCA Sekuritas bersama dengan Bahana Securities dan Kim Eng Securities tercatat sebagai penjamin pelaksana emisi obligasi.

PT Lautan Luas Tbk akan menerbitkan obligasi dengan nilai total Rp 1,2 triliun dalam kurun waktu dua tahun ke depan.

Mardy menerangkan, tenor obligasi tersebut ada dua, yakni Seri A dengan lima tahun, dan Seri B dengan tujuh tahun. Masa penawaran awal dari Obligasi Berkelanjutan Tahap I ini akan berlangsung selama tanggal 17-30 Mei. Dan, lanjut dia, “Pencatatan atau listing di Bursa Efek Indonesia pada tanggal 20 Juni 2013.”

Dalam kesempatan yang sama, Novita Lubis, Direktur Bahana Securities, menyebutkan, “(Obligasi) Seri A tenornya lima tahun dengan kisaran kupon 9,18-9,9 persen. Kemudian Seri B tenornya tujuh tahun dengan kisaran kupon 9,5-10,2 persen.”

Obligasi diterbitkan dengan dua seri semata-mata untuk memberikan pilihan kepada investor di pasar, di mana bunga tenor tujuh tahun lebih tinggi dibandingkan yang lima tahun. Ia pun menyebutkan, obligasi Lautan Luas ini mendapatkan respons yang cukup positif dari para investor. “Dan, kami meyakini bahwa obligasi ini akan sukses terserap oleh pasar,” sambung Novita.

Penerbitan obligasi ini nantinya bakal digunakan untuk membayar utang bank, di mana saat ini utang Lautan Luas tercatat sekitar Rp 1,8 triliun. “Jadi, tujuan obligasi ini memang untuk membayar sebagian utang bank tersebut sehingga menjadi utang yang sifatnya lebih jangka panjang,” imbuh Herman Santoso, Operations & Support Director Lautan Luas. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved