Editor's Choice

Chrysler Indonesia Targetkan Penjualan 1.400 Unit di 2013

Chrysler Indonesia Targetkan Penjualan 1.400 Unit di 2013

PT Garansindo Inter Global (Chrysler Indonesia), agen pemegang merek (APM) resmi mobil Chrysler, Dodge dan Jeep di Indonesia, menargetkan penjualan 1.400 unit di sepanjang tahun 2013.

Jeep Rubicon newRieva Muchsin, Chief Marketing Officer Chrysler Indonesia, menjelaskan, penjualan mobil premium oleh Chrysler Indonesia terus mengalami pertumbuhan. Pada 2011 penjualan Chrysler, Dodge dan Jeep baru mencapai 700 unit, pada 2012 sebanyak 1.200. Untuk target penjualan di tahun 2013 ini yakni 1.400 unit.

Menurutnya, target pertumbuhan tidak dipatok tinggi seperti pada pertumbuhan 2011 ke 2012, sebab di tahun 2012 Chrysler Indonesia banyak meluncurkan varian produk terbaru. “Dengan banyak meluncurkan varian baru, sehingga angka penjualan 2011-2012 meningkat tajam dibanding tahun-tahun sebelumnya,” kata Rieva.

Untuk varian terlaris, di antara tiga merek Chrysler, Dodge dan Jeep, merek Jeep lah yang paling banyak diminati. Menyumbang hampir 80% dari total penjualan Chrysler Indonesia.

Jeep sendiri terdiri dari tiga model yakni Jeep Wrangler, Jeep Grand Cherokee dan Jeep Kompas (SUV-2.400 cc). Jeep Wrangler terbagi lagi dalam tiga varian yakni Sport, Sahara dan Rubicon. Sementara Jeep Grand Cherokee terbagi menjadi dua varian yaitu Overland (3.600 cc) dan Street Racing Technology (6.400 cc).

“Diantara tiga model Jeep yang paling laris tentunya Jeep Wrangler Rubicon, karena mobil itu sangat cocok untuk offroad, penggemar offroad sangat banyak di Indonesia,” jelasnya.

Pertumbuhan penjualan Jeep menurut Rieva juga didukung oleh pertumbuhan komunitasnya. Komunitas Jeep ini tumbuh secara organik, bukan bentukan dari Chrysler Indonesia. Ada komunitas di Jakarta, Tangerang, Jatim, Jabar, Medan, khusus perempuan (dinamakan komunitas bidadari), dll di seluruh Indonesia.

“Kami memang tidak pernah memetakan ada berapa persisnya komunitas ini, mungkin ada ratusan. Tahun 2011 kami pernah menggelar gathering, mulai dari pemilik Jeep tahun yang lama hingga yang terbaru. Yang hadir 680 unit lebih Jeep berkumpul di satu tempat (Sentul) dan akhirnya masuk ke Museum Rekor Indonesia (MURI),” paparnya.

Peran serta Chrysler Indonesia dalam mendukung komunitas ini hanya sebatas teknikal. “Misalkan kalau mereka mau bikin touring kami kirim mekaniknya. Kalau perlu kami terbangkan mekanik itu ke lokasi turing.”

Guna menaikkan penjualan khususnya sepanjang bulan Ramadhan ini, Chrysler Indonesia menggelar dua pameran di mal, yakni Gandaria City pada 15-21 Juli 2013 dan Pondok Indak Mal (PIM) 2 pada 22-28 Juli 2012. “Akan ada promo menarik di sana.”

Tahun ini Chrysler Indonesia juga berencana memperkenalkan beberapa varian terbaru Jeep. “Akan ada beberapa model terbaru Jeep yang akan dilaunching pada September mendatang. Tunggu saja tanggal mainnya,” tambah Rieva. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved