Technology

Ford Hadikan Mobil Super Irit Ramah Lingkungan Bermesin Ecoboost di IIMS 2013

Ford Hadikan Mobil Super Irit Ramah Lingkungan Bermesin Ecoboost di IIMS 2013

Akhirnya Ford memeberi bocoran kapan mesin terbaru super irit dan ramah lingkungan milik mereka yang diberi nama “Ecoboost” bakal hadir di Indonesia. Mesin ini akan disematkan ke dalam varian mobil terlaris milik Ford, yakni Ford Fiesta.

IMG_0132Informasi kehadiran Ford Fiesta bermesin Ecoboost ini seperti disampaikan langsung oleh Bagus Susanto, Managing Director Ford Motor Indonesia. “Nanti akan kami perkenalkan saat Indonesia International Motor Show (IIMS) bulan September 2013 di JIExpo Kemayoran,” kata Bagus Susanto.

Bagus menjelaskan, mesin Ecoboost punya kemampuan luar biasa dalam hal efisiensi tanpa mengorbankan tenaga dan torsi. “Kami akan masukan mesin Ecoboost 1.0 liter dalam tubuh Ford Fiesta baru.”

Fiesta Ecoboost sendiri digadang-gadang menjadi amunisi baru Ford untuk berperang di segmen hatchback. Mobil tanpa buntut ini cukup menyita perhatian lantaran mesinnya terbilang sangar di kelasnya.

Meski mengusung 1.000 cc, tapi sanggup menyemburkan tenaga 120 PS dan torsi 170 Nm, setara dengan mesin bensin empat silinder 1.600 cc tanpa turbo. Mesin Ecoboost merupakan mesin terkecil di kelasnya sudah dipatenkan oleh Ford.

Selain mesin ecoboost, Bagus menambahkan New Fiesta juga akan memperkenalkan varian berkapasitas 1.500 cc VITCT dengan transmisi maual maupun otomatik.

Bagus optimistis kedua varian terbaru tersebut akan diterima oleh pasar Indonesia. Sebab sejak pertama kali diluncurkan pada 2010 varian tersebut mendpatkan sambutan luar biasa. “Berkat varian Fiesta, Ford mampu mengambil pangsa pasar sebanyak 10% di kelasnya,” ucapnya.

Kabar gembira lain yang disampaikan Bagus adalah, mesin ecoboost ini tak hanya akan disematkan ke dalam Ford Fiesta, namun juga akan muncul Ford Ecosport di pasar Indonesia pada akhir tahun. “Di India Ford Ecosport sudah dipasarkan lebih dulu, di Indonesia rencananya kami boyong akhir tahun 2013 ini,” tambah Bagus. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved