Business Research

Konsumen Indonesia Paling Optimis di Dunia

Konsumen Indonesia Paling Optimis di Dunia

Meski sempat terjadi perdebatan terkait kenaikan harga BBM, konsumen online Indonesia tetap menjadi yang paling optimistis secara global dengan indeks kepercayaan konsumen tertinggi selama dua kuartal berturut-turut.

DanielNielsenHal tersebut seperti dikatakan perusahaan global penyedia informasi dan pengukuran, Nielsen, dalam hasil temuan mereka: Indeks Kepercayaan Konsumen kuartal II 2013 yang baru saja dirilis.

Berdasarkan Nielsen Global Survey of Consumer Confidence and Spending Intentions, Indonesia dilaporkan memiliki indeks tertinggi sebesar 124 pada kuartal kedua 2013 (naik dua poin dari kuartal sebelumnya dan 30 poin di atas rata-rata global dengan indeks 94), diikuti oleh Filipina yang meningkat tiga poin menjadi 121.

India turun dua poin menjadi 118 dari kuartal sebelumnya. Peningkatan kepercayaan konsumen dilaporkan terjadi di kawasan Asia Pasifik dengan rata-rata indeks 105. Bahkan, 7 dari 10 negara dengan kepercayaan paling tinggi berasal dari Asia Pasifik: Indonesia, Fillipina, India, Thailand, Cina, Hong Kong dan Malaysia.

Nielsen Global Survey of Consumer Confidence and Spending Intentions yang pertama kali diselenggarakan pada 2005 mengukur kepercayaan konsumen, kekhawatiran utama dan keinginan untuk berbelanja pada lebih dari 29.000 responden yang memiliki akses internet di 58 negara.

Tingkat kepercayaan konsumen yang berada di atas dan di bawah 100 menunjukan derajat optimisme dan pesimisme. Dalam survei terakhir yang dilakukan antara 13-31 Mei 2013, kepercayaan konsumen naik 45 persen di negara-negara yang diukur oleh Nielsen, dibandingkan dengan 60 pesen di kuartal sebelumnya.

“Konsumen Indonesia sangat bersemangat mengenai masa depan dan pengeluaran akan tetap kuat seiring dengan meningkatnya kemampuan masyarakat Indonesia serta semakin mutakhirnya kebutuhan mereka,” tutur Catherine Eddy, Managing Director, Nielsen Indonesia. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved