Youngster Inc. Siapa Dia

Ari Kusumo Wibowo

Ari Kusumo Wibowo

Ari Kusumo Wibowo

~~

Ari Kusumo Wibowo yang kini menjabat sebagai Manajer Merek Senior kategori Soy Sauce PT Heinz ABC Indonesia, sebenarnya memulai karier dari sektor perbankan. Namun saat tengah melanjutkan kuliahnya ke jenjang S-2 di Sekolah Bisnis Manajemen ITB, Sarjana Komunikasi dari Universitas Padjadjaran ini mulai mengetahui tentang industri fast moving consumer goods. Ketertarikan pada industri ini membuatnya langsung bergabung dengan Frisian Flag selulus S-2 tahun 2006.

Kemudian, di 2008 barulah Ari bergabung dengan Heinz ABC sebagai Manajer Merek Junior produk ready to drink untuk anak-anak. Saat itu ia berinovasi dengan mengganti positioning produk. Keberhasilannya me-relaunch produk itu di 2009 membuatnya dipercaya untuk memegang kategori yang lebih besar, yaitu sirup, setahun kemudian. Ia kembali sukses me-relaunch produk sirup itu dengan kemasan baru. Maka, ia pun kembali dipercaya menangani produk lain yaitu saus sambal.

Di kategori sambal, meskipun ABC terbilang paling lengkap dalam hal varian dan penetrasi pasarnya telah mencapai 70%, ternyata ada celah yang belum digarap oleh perusahaan, yaitu sambal tradisional. Ketika di 2010 Ari menangani kategori sambal dan menemukan insight, maka eksekusi pun segera dilakukan dalam waktu kurang dari setahun. Di 2011 ABC meluncurkan produk sambal tradisonal dalam kemasan. “Kami tetap mengemasnya dengan homestyle. Responsnya sangat baik, sampai kami sempat kekurangan barang, tapi setelah 6 bulan kami sudah bisa memenuhi permintaan pasar,” ia menjelaskan.

Saat ini Ari membawahkan tiga manajer merek junior. Ia pernah pula diberikan kesempatan untuk bekerja di afiliasi Heinz di ASEAN khususnya Malaysia selama 6 bulan lebih. Ke depan, ia ingin lebih banyak mengembangkan karier di perusahaan afiliasi Heinz di luar Indonesia.

Nimas Novi Dwi Arini


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved