Management Strategy

Kelas Menengah Tumbuh Melesat, Citibank Siap Perkuat Layanan

Oleh Admin
Kelas Menengah Tumbuh Melesat, Citibank Siap Perkuat Layanan

Mengutip hasil analisis Boston Consulting Group mengenai masyarakat kelas menengah dan atas di Indonesia pada bulan Maret 2013, disebutkan bahwa seiring dengan cepatnya pertumbuhan ekonomi Indonesia, maka populasi masyarakat yang memasuki kelas menengah dan kelas atas juga semakin meningkat. Sekitar 8 hingga 9 juta orang memasuki kategori tersebut setiap tahunnya.

Kebutuhan gaya hidup dan kebutuhan perencanaan finansial yang lebih holistik menjadi salah satu prioritas kelompok masyarakat ini. Melihat hal itu, Citibank Indonesia menegaskan kembali komitmennya dalam melayani kebutuhan perbankan kategori kelompok masyarakat ini.

“Kami menyadari bahwa nasabah menginginkan layanan keuangan yang lebih efisien dan mampu menyediakan informasi investasi yang komprehensif, serta memiliki akses global,” ungkap Rustini Dewi, Retail Bank Head Citibank Indonesia, Rabu (19/2/2014).

“Sudah menjadi komitmen kami untuk terus berinovasi dalam menyajikan layanan berkualitas bagi para nasabah. Oleh karena itu, di tahun 2014 ini, Citibank Indonesia memperkuat layanan Citigold dengan fokus pada tiga pilar utama yang dapat menjawab kebutuhan nasabah dalam kategori affluent (kelas atas),” tambah dia.

citibankDari data yang dirangkum Citibank melalui Emerging Affluent Survey terhadap 8.000 orang di enam negara Asia (Hong Kong, Singapura, India, Indonesia, Taiwan, and Korea) ditemukan bahwa terdapat tren baru di kalangan nasabah kelas menengah dan kelas atas dalam memenuhi kebutuhan perbankan.

Pertama, menjalani kehidupan yang sangat sibuk dan mengharapkan kenyamanan dari bank: 80 persen responden menginginkan layanan perbankan yang tidak lagi mengharuskan mereka menunggu dan 66 persen berharap kegiatan operasional bank diperpanjang.

Kedua, terus mengadopsi teknologi baru dan mencari layanan perbankan digital terbaik: 76 persen mencari bank yang menyajikan layanan online terbaik dan 68 persen responden mengungkapkan bahwa teknologi mempermudah kehidupan finansial mereka.

Ketiga, mencari layanan yang memberikan nasehat finansial secara proaktif dan berkualitas: 68 persen menginginkan penasehat keuangan yang berpengalaman dan memiliki pengetahuan yang luas, serta 66 persen responden menginginkan bank yang membantu nasabah dalam merencanakan masa depan.

Keempat, nasabah semakin global: lebih dari setengah (54 persen) melakukan perjalanan ke luar negeri dalam rentang setahun terakhir dan 65 persen menginginkan akses atas dana tunai di mana pun di seluruh dunia.

Citibank Indonesia lalu menjawab kebutuhan masyarakat menengah dan atas tersebut melalui berbagai produk dan layanan yang dirancang untuk memudahkan mereka, antara lain:

Flexible Deposit Alternatif pilihan dalam berinvestasi tanpa terikat oleh waktu. Dana investasi dapat dicairkan tanpa menunggu jangka waktu minimal investasi tercapai.

Internet Banking Layanan internet banking dari Citibank ini merupakan layanan bebas biaya yang dapat digunakan untuk melakukan transfer dana ke semua jaringan ATM Bersama dan ATM BCA secara real time. Selain itu, nasabah dapat menikmati kenyamanan berinvestasi secara online, seperti penempatan deposito berjangka dan memonitor portofolio investasi nasabah kapan dan di mana saja.

Regular Investment Plan Melalui Citi CRIP, nasabah dapat menikmati layanan wealth management dengan nilai investasi sesuai kebutuhan nasabah secara rutin.

Ready Credit Produk pinjaman yang didesain khusus untuk memenuhi kebutuhan finansial nasabah, di mana saja, dan kapan saja.

Wealth Advisory Sebagai bank yang memberikan layanan informasi keuangan terpercaya, Citibank memiliki tim spesialis Wealth Management menghadirkan solusi finansial terbaik bagi kebutuhan individual nasabah. Rekomendasi yang diberikan dilengkapi dengan pandangan dari Ekonomis Global bank sesuai dengan perkembangan pasar global. Citigold Portfolio Tracker Citibank juga mampu memberikan nasabah informasi terkini kapan dan di mana saja.

Global Banking Jaringan perbankan Citibank yang tersebar di seluruh dunia, memastikan nasabah mendapatkan status dan keistimewaan Citigold yang sama dalam memenuhi kebutuhan perbankan, di mana pun nasabah berada, dan kapan pun nasabah membutuhkan.

Rewards and Privileges Nasabah dapat menikmati beragam program apresiasi serta berbagai keistimewaan, seperti, salah satunya, undangan eksklusif untuk beragam acara Citigold seminar dan Appreciation Series. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved