Berita BCA Berita BCA

Yulianus, Tumbuh Bersama Solusi Bisnis BCA

Yulianus, Tumbuh Bersama Solusi Bisnis BCA

Berawal dari ajakan teman yang meminta untuk memajukan usaha garmennya. Ia merasa tertantang dan menerima pinangan dari temannya itu meski sadar bahwa saat itu, dirinya kurang mengantongi “jam terbang” pengalaman dalam dunia garmen. Mengingat sebelumnya hanya sempat tiga bulan bekerja sebagai karyawan di perusahaan garmen. Dari sinilah ia memiliki ide untuk membuka usaha toko grosir khusus menjual pakaian wanita, walaupun ia tak begitu mengerti tentang fashion maupun prospek bisnis pakaian wanita. Setahun berjalan bisnis pakaian wanita yang ia geluti mengalami kerugian dan sempat membuat pria asal Kalimantan Barat ini menyerah untuk membangun usaha kembali. Namun, tekadnya sudah bulat untuk mengejar kesuksesan sebagai wirausaha. Itu adalah sekelumit cerita perjuangan bisnis dari Yulianus. Kini dia adalah seorang pengusaha sukses di bidang garmen.

Yulianus, Tumbuh Bersama Solusi Bisnis BCA

Yulianus, Tumbuh Bersama Solusi Bisnis BCA

Menurut Yulianus, semua ini merupakan anugerah karena pada awalnya tidak terpikir olehnya untuk membuka usaha sama sekali. Merantau dari sebuah kota Kecamatan tak jauh dari Pontianak selepas SMA ini pada awalnya tertarik untuk menjadi traders atau bekerja di dunia perbankan. Tapi lulusan jurusan Finance di sebuah Universitas di Malaysia tahun 2000 ini justru “terdampar” di kantor konsultan pendidikan sebagai Finance Officer. Masa kantoran hanya dijalaninya selama setahun hingga akhirnya dia pun banting setir dan memulai bisnis di pakaian wanita pada Juni 2002 di Mangga Dua.

Pengalaman pahit saat usaha fashionnya pertama kali gulung tikar, menjadi bahan pelajaran untuk menjadi lebih baik. Tahun 2004 ayah tiga putra ini kembali membangun bisnis fashion dengan fokus pakaian pria dan anak-anak di Pasar Pagi dan ITC Mangga Dua, Jakarta. Berbagai strategi guna bertahan di bisnis ini pun diterapkannya. Mulai dari desain interior toko yang menarik, model pakaian yang beragam dan selalu update setiap minggu dengan harga yang kompetitif serta kualitas yang bermutu. Bekerjasama dengan team-nya Yulianus rajin mengamati tren fashion terbaru dan memproduksi model dengan warna yang in dan disesuaikan dengan selera pasar dalam negeri. Toko Yulianus pun kerap didatangi pembeli grosir maupun eceran dari berbagai daerah di Indonesia. Dengan demikian, kemudahan bertransaksi menjadi hal yang vital.

Ia meyakini bahwa tumbuhnya usaha itu, tentulah harus diikuti dengan pengelolaan uang yang tepat. Kalau tidak, akan menjadi permasalahan serius nantinya. Untuk itu, ia memilih menggunakan KlikBCA Bisnis sebagai solusinya dalam mengelola rekening. “Saya memiliki beberapa toko. Setiap toko memiliki rekening berbeda supaya memudahkan melihat alur kas. Oleh karena itu, KlikBCA Bisnis sangat membantu sehingga jadi mudah dalam mengelola. Saya tidak perlu repot-repot kalau mau melihat rekening-rekening yang saya miliki. Saya tinggal membuka KlikBCA Bisnis yang saya miliki dan saya dapat melihat dan mengatur semuanya karena telah terhubung,” ujar Yulianus.

KlikBCA Bisnis merupakan solusi bisnis yang dipersembahkan oleh BCA untuk memudahkan pengelolaan keuangan bisnis kita. Di KlikBCA Bisnis terdapat beberapa fasilitas, seperti informasi rekening, transfer dana, pembayaran tagihan, BCA Virtual Account, dan lainnya. Dengan demikian, pengaturan dan manajemen bisnis usaha dapat dimonitor dan dilakukan dimanapun dan kapanpun.

Selain KlikBCA Bisnis, Yulianus juga menggunakan solusi bisnis BCA lainnya, yaitu mesin Electronic Data Capture (EDC). Dia memastikan di setiap tokonya terdapat mesin EDC BCA untuk memudahkan pembeli membayar, baik menggunakan kartu debit maupun kartu kredit. Hal ini untuk memudahkan transaksi karena banyak pembeli yang tidak lagi membawa uang tunai saat berbelanja sehingga mesin EDC BCA mempermudah pembayaran.

Kesuksesannya saat ini, tidak lantas menjadikan dirinya jumawa melainkan terus melakukan inovasi agar tak tergelincir bahkan tergilas dalam perkembangan tren fashion yang sangat dinamis ini. “Saat ini saya masih memulai. Masih banyak impian dan keinginan yang ingin saya capai. Berbagai rencana dan usaha akan terus saya lakukan untuk mencapai impian tersebut, diantaranya rencana meluncurkan brandfashion untuk pakaian anak di awal tahun 2014, membuka outlet di pusat perbelanjaan dengan produk kualitas premium, termasuk bekerjasama dengan BCA yang dapat memberikan solusi,” tutupnya dengan sebuah keyakinan.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved