Berita BCA Berita BCA

Sugiono - Toko Jess Glo: “Asam Di Gunung Garam di Laut” Bertemu di Tanah Abang

Sugiono - Toko Jess Glo: “Asam Di Gunung Garam di Laut” Bertemu di Tanah Abang

Tak pernah terpikirkan oleh Sugiono Prasetyo, saat masih menekuni pekerjaan lamanya sebagai Manager restoran di sebuah hotel di Makassar akan menjadi Sugiono yang sekarang, salah satu pedagang busana Muslim yang cukup sukses di Pusat Grosir Metro Tanah Abang.

Sugiono - Toko Jess Glo: “Asam Di Gunung Garam di Laut” Bertemu di Tanah Abang

Sugiono – Toko Jess Glo: “Asam Di Gunung Garam di Laut” Bertemu di Tanah Abang

Berawal dari keinginannya untuk merantau ke ibukota, Sugiono pun tak melewatkan waktu untuk melihat-lihat pasar tekstil serba ada itu. Ya, Pasar Tanah Abang, pusat perdagangan tekstil terbesar di Asia Tenggara itulah yang telah mempertemukannya dengan sang istri, Henny, asal Pontianak. Henny yang sebelumnya telah mengenal seluk beluk berdagang dari pamannya di Kalimantan, juga memperkenalkan Sugiono dengan dunia usaha yaitu berdagang baju – utamanya gamis atau busana Muslim.

Wanita yang kemudian menjadi istrinya itu dengan tekun mengajarinya seluk beluk berdagang. Maklum Sugiono memang tidak mempunyai latar belakang sebagai pedagang. Dan akhirnya mereka berdua pun merintis usaha bersama. “Awalnya istri saya ikut pamannya di Kalimantan, jualan pakaian gamis. Akhirnya dia pindah ke Jakarta dan mengenalkan saya pada bidang usaha ini. Bermula dari konveksi kecil-kecilan, kemudian kami mulai memproduksi model baju hasil karya sendiri. Sekarang kami sudah punya desainer sendiri yang bisa memproduksi 10 model per hari. Hal ini harus dilakukan karena mode baju wanita sangat cepat berganti, bahkan dalam hitungan minggu,” ujar Sugiono.

Modal nekat pasangan yang dianugerahi satu putra ini tidak sia-sia. Mereka memulai berdagang busana Muslimah di saat tren busana ini belum se-populer sekarang. Bahkan pasangan ini mengawali bisnis di tahun 1998 ketika bangsa Indonesia dihempas oleh krisis ekonomi yang cukup serius. Momen yang oleh sebagian besar orang dikawatirkan akan membuat bisnis merugi ini justru dimanfaatkan oleh Sugiono dan Henny yang mempunyai insting bisnis jitu. “Saat itu kan krisis, sehingga ruko-ruko yang ada di Pusat Grosir Metro Tanah Abang ini harganya jadi turun. Kami pun mengontraknya. Awalnya kami menyewa di Blok B. Belum pake pendingin udara, panas sekali. Bahkan saya sampai berganti baju dua kali sehari saking panasnya” kenang Sugiono.

Menghadapi persaingan bisnis busana Muslim yang semakin ketat, Sugiono tetap optimis “Kami sudah lama terjun di bisnis pakaian Muslim ini, jadi lebih dulu dikenal oleh para pelanggan. Sekalipun sekarang busana Muslim sudah booming tapi kami yakin potensi masih cukup bagus,” ujarnya.

Kini pelanggan toko Jess Glo miliknya di Pusat Grosir Metro Tanah Abang datang dari berbagai wilayah di Indonesia,seperti Surabaya, Jombang, Jember, Jambi, Gorontalo, Aceh, Merauke, hingga Papua. Bahkan Jess Glo ada juga pelanggan dari mancanegara, khususnya Malaysia dan Filipina.

Ketekunan pasangan yang kompak menjalankan usahanya ini perlahan namun pasti membuahkan hasil. Kini Sugiono telah memiliki pabrik garmen sendiri untuk memproduksi busana Muslimah aneka model dengan bahan baku lokal maupun impor. Tak hanya itu, tiga buah kios di Pasar Tanah Abang pun dimilikinya – dua diantaranya disewakan.

Sebagai pengusaha, Sugiono mengakui bank memiliki peran besar dalam mendukung mendukung bisnisnya. Dan bank yang dipilihnya menjadi mitra usaha adalah BCA“Kami sangat terbantu dengan BCA. Fasilitas dan layanan BCA ini memang mengakomodir keinginan dan kebutuhan usaha kami,” jelasnya. Untuk memudahkan transaksi di tokonya, Sugiono pun menggunakan mesin EDC BCA. Bahkan, saat ini prosentase transaksi menggunakan EDC BCA lebih besar dibandingkan dengan pelanggan yang membayar menggunakan uang tunai. “Pakai EDC BCA jadi lebih praktis dan aman buat pelanggan maupun pedagang. Tidak perlu repot dengan uang tunai, dan terhindar dari uang palsu,” alasannya.

Bagi Sugiono, pelanggan adalah raja. Tak heran setiap masukan dan permintaan dari pelanggan sangat diperhatikan dan sebisa mungkin dipenuhi sehingga mereka akan kembali lagi berbelanja di tempatnya. Apalagi, harga yang diberikan untuk satu potong baju pun tak terlalu mahal, yaitu berkisar di Rp 65 ribu-Rp 145 ribu.

Kini dengan kemajuan teknologi informasi, pelanggan tetap Sugiono tak perlu lagi repot datang ke Pasar Tanah Abang untuk melihat koleksi busana Muslim Jess Glo. Karyawan Sugiono siap mengirimkan foto mode-mode baju terbaru dan pelanggannya bisa langsung memesannya. Setelah transaksi terjadi, Sugiono segera mengirimkan barang yang dibeli melalui ekspedisi. “Kepercayaan pelanggan adalah asset berharga yang harus terus dijaga. Pelanggan saya pun semakin mudah bertransaksi menggunakan KlikBCA Bisnis atau transfer antar rekening BCA,” terang Sugiono yang sebagian besar pelanggannya juga mempunyai rekening di BCA.

Dapatkan berbagai informasi mengenai produk, layanan dan solusi dari BCA dengan mengunjungi website BCA, www.bca.co.id atau hubungi Halo BCA di (021)-500888 atau via Twitter dengan mention @HaloBCA.

BCA Senantiasa di Sisi Anda


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved