Youngster Inc. Siapa Dia

Marcel Sumarga

Marcel Sumarga

Berawal dari kebiasaan ikut neneknya belanja ke pasar tradisional di Bandung, Marcel Sumarga, chef di Bulgari Hotels & Resorts Bali, jatuh cinta pada dunia masak-memasak. Itulah sebabnya, ketika remaja dia pun lebih memilih kuliah bidang memasak, tepatnya Jurusan Manajemen Tata Boga di Sekolah Tinggi Pariwisata Bali. Bahkan, saat dewasa dia tetap konsisten memilih jalur kuliner untuk menekuni profesinya sebagai chef.

Marcel Sumarga

~~

Saya merasa memilih bidang kuliner adalah keputusan tepat, meski tidak mendapat dukungan penuh dari kedua orang tua,” ujar pria lajang kelahiran Bandung 18 September 1990 itu. Konsekuensinya, orang tuanya memotong banyak fasilitas yang biasa diberikan kepada anak bungsunya ini. Namun “hukuman” fasilitas minim itu justru membuatnya lebih mandiri dan bertanggung jawab, sehingga dia mencurahkan seluruh waktunya untuk fokus kuliah dan belajar.

Saat kuliah di tahun kedua, Marcel mulai tertarik mengikuti berbagai lomba memasak. Tidak disangka, dia berhasil meraih medali emas dan penghargaan The Best Junior Chef Award di ajang Salon Culinaire Bali 2010. Dia pernah pula membawa pulang medali perak ketika mengikuti kompetisi Salon CulinaireJakarta, dan meraih medali emas di kejuaraan Hans Bueschkens Junior World Cooking Challenge Hong Kong 2013, mengalahkan wakil dari 10 negara lainnya. Sebagai pemenang, Marcel berhak mewakili Asia pada babak final yang diadakan di Norwegia pada Juli 2014 dan lagi-lagi memenangi medali emas.

Diakui Marcel, tempatnya meniti karier saat ini sangat mendukung passion-nya di bidang kuliner. Untuk itu, kegiatan lomba memasak yang sering diikuti tidak pernah dilarang. “Teamwork, lateral service dan dukungan atasansangat baik,” ungkap Marcel, yang kini di Bulgari Hotels & Resorts Bali diberi tugas tambahan sebagai learning coach dan berencana akan mengikuti Olimpiade Kuliner di Luksemburg tahun 2015.

Nantinya Marcel akan terus menjadikan ajang kompetisi memasak untuk memperoleh pengalaman dan jejaring. Dia perrcaya bahwa pengalaman menentukan kesuksesan seseorang dan kompetisi akan memberi passion lebih.

Silawati/Eva M.Rahayu


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved