Penghargaan SPEx2R bagi Perusahaan Paling Inovatif

Inovasi merupakan salah satu cara yang seringkali dilakukan perusahaan untuk mengakali perubahan zaman. Salah satu komponen utama dari inovasi adalah eksekusi agar inovasi bisa berjalan dengan baik. Oleh karena itu penganugerahan Strategy into Performance Execution Excellence (SPEx2R) tahun ini mengangkat tema mengenai inovasi dan eksekusi.

Menurut Suwardi Luis, CEO PT GML Performance Consulting, tema tahun ini berbicara mengenai inovasi dari yang ada menjadi lebih baik. Bagaimana menghargai upaya suatu perusahaan yang ingin sustainable, salah satunya dengan tetap menjaga karyawan, tapi bisa melakukan inovasi dan eksekusi.

Perusahaan dinilai dari caranya mengelola strategi perusahaan dari beberapa hal. “Ada beberapa fokus kami misalnya visi misi yang jelas dalam 3-5 tahun ke depan, apakah strategi yang digunakan real. Bagaimana komunikasi yang dilakukan kepada karyawan dan bagaimana melakukan eksekusi terhadap strategi mereka,” jelas Suwardi.

Hal senada pun diungkapkan Toni Prasentiantono, Direktur Pusat Studi Ekonomi dan Kebijakan Publik UGM. Menurutnya, inovasi dan eksekusi merupakan dua kunci utama dalam menghadapi ekonomi 2016. Penganugerahan ini sendiri sudah memasuki tahun ke-5 sejak pertama kali dilakukan pada 2011 yang diselenggarakan oleh GML Performance Consulting dan Tempo Media Group.

Proses penilaiannya sendiri ada 3, yaitu pencapaian SPEx2R index yang melalui survei terhadap investor dan pelaku bisnis, penyerahan eligibility form, dan terakhir presentasi di depan dewan juri.  SPEx2R index sendiri merupakan nilai persepsi masyarakat terhadap keunggulan perusahaan berdasarkan pada tiga jenis pasar. Ada pasar investor, pasar pelanggan, dan pasar kompetisi/tenaga kerja berdasarkan survey yang dilakukan.

Ada 3 dimensi penilaian yaitu, financial growth, customer, dan great place to work.  Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pada 2015 ini menjadi edisi platinum, sehingga SPEx2R index yang digunakan merupakan gabungan dari tahun 2011 hingga 2014 yang ditambah dengan data sekunder lainnya. Nantinya perusahaan-perusahaan dengan data tertinggi akan mengikuti tahap selanjutnya.

Pada tahap akhir, para perusahaan-perusahaan tersebut akan presentasi di depan dewan juri. Kriteria penjurian berdasar pada 6 aspek, yaitu formulasi strategi, pemetaan strategi, penyelarasan strategi, eksekusi operasional, pemantauan dan penyelerasan kembali, dan komitmen kepemimpinan.

Tema inovasi pun memberikan ruang kepada perusahaan-perusahaan yang berhasil menunjukan best-practice dalam kategori khusus. Termasuk di dalamnya the best in innovation excellence, sehingga pada tahun ini ada 16 pemenang, (EVA)

Berikut ini daftar pemenangnya

  1. PT Federal International Finance sebagai Best of the Best Across All Industries
  2. PT Garuda Indonesia sebagai the Best in Innovation Excellence
  3. Milawarma (PT Bukit Asam) sebagai the Best Chief Strategy Execution Officer
  4. Rina Apriana (PT FIF) sebagai the Best Strategy Execution Officer
  5. PT Federal International Finance sebagai the Best in 2Wheel Financing Industry
  6. PT Garuda Indonesia sebagai the Best in Air Transportation Industry
  7. PT Bukit Asam Tbk sebagai sebagai the Best in Coal & Mineral Industry
  8. PT Kalbe Farma sebagai the Best in Pharmaceutical Industry
  9. PT Toyota Astra Financial Services sebagai the Best in 4 Wheel Financing Industry
  10. PT Tigaraksa Satria Tbk sebagai The Best Distribution & Logistic Industry
  11. PT Asuransi Astra Buana sebagai the Best in General Insurance Industry
  12. PT Bank Negara Indonesia sebagai sebagai the Best in Banking Industry
  13. PT Ciputra Development sebagai the Best in Property Industry
  14. PT Blue Bird sebagai the Best in Land Trasnportation Industry
  15. PT BCA Finance sebagai the Best in Risk Management Strategy
  16. PT Adaro Energy  sebagai the Best in Corporate Sustainability Strategy

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)