Rahasia Formula Agar Tetap Digdaya

Formula nangkring di urutan pertama di kategori sikat gigi dalam survey Indonesia Best Brand Award 2015 yang dilakukan lembaga survei MARS dan Majalah SWA. Pada tahun ini, Orang Tua Group yakin pertumbuhan penjualan sikat gigi Formula sebesar 15% bisa tercapai.

“Pelemahan ekonomi tidak menurunkan kuantitas penjualan secara signifikan karena oral care adalah kebutuhan pokok masyarakat. Setelah melalui semester I-2015, kami melihat ada potensi penjualan yang baik di semester II ini,” kata Communication Manager OT Group (Formula) Yuna Kristina.

Kuncinya adalah dengan terus melakukan inovasi produk. Contohnya, sikat gigi Formula Nano Charcoal yang memiliki bulu charcoal (arang), lebih cepat kering sehingga lebih higienis. Perseroan juga melakukan komunikasi yang terintegrasi lewat media yang efektif untuk menjangkau target pasar, termasuk lewat digital media.

Orang Tua Group juga rutin menggelar kampanye Formula untuk membantu meningkatkan kesehatan gigi dan mulut masyarakat Indonesia. Iklan TV mengandung materi yang menarik dan terus diperbaharui, misalnya dengan menggunakan brand endorser. “Kami juga melakukan outdoor maupun in store branding,” katanya.

yuna formula

Menurut dia, komunikasi Formula juga dilakukan secara integrasi menggunakan digital media, terutama facebook dan twitter, dan website/microsite sebagai sumber informasi yang lebih mengedukasi mengenai kesehatan gigi dan mulut serta produk-produk Formula.

Termasuk lewat program CSR, Formula Untuk Indonesia yaitu sebuah program yang dijalankan Formula bersama institusi yang memiliki misi yang sama seperti fakultas kedokteran gigi, yang bertujuan untuk menurunkan angka permasalahan gigi dan mulut di wilayah tertinggal.

“Brand aktivasi menjadi media Formula untuk berinteraksi langsung dengan konsumen. Oleh karenanya, brand aktivasi kami lakukan secara rutin dan sesuai dengan kampanye yang dijalankan/ pesan produk yang diangkat,” ujarnya.

Pada tahun ini, Formula mengusung “Ayo Ganti Pakai Formula”, sebuah kampanye edukasi untuk meningkatkan kesehatan gigi dan mulut masyarakat Indonesia. Kampanye ini mengajak masyarakat untuk secara rutin mengganti sikat gigi 3 bulan sekali dan ganti pasta gigi dengan yang dapat melindungi kalsium gigi dari serangan asam.

Kampanye “Ayo Ganti Pakai Formula” ini menyasar target market utama ibu, sebagai pengambil keputusan belanja keluarga melalui aktivasi edukatif di kota-kota besar. Itulah kenapa perseroan menggandeng Maia Estianti, seorang ibu, artis dan penyanyi sebagai bintang iklan.

Brand awareness diukur secara berkala dengan brand tracking, yang memonitor brand health dan brand awareness. Hasil pengukuran ini sekaligus sebagai evaluasi, sehingga ke depannya, Formula dapat melakukan komunikasi yang tepat untuk mempertahankan dan meningkatkan awareness.

“Agar iklan diingat konsumen, tentu materi harus menarik, menawarkan sesuatu yang baru, mudah dimengerti, memiliki jargon yang unik, mudah diingat atau menggunakan brand ambassador yang tepat untuk target segmen yang dituju,” kata dia. (Rizky Chandra Septania)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
Thendy Susanto: Bisnis Ibarat Main Orkestra

Sejak kecil, Thendy Susanto bercita-cita ingin menjadi musisi profesional. Tapi, diskriminasi terhadap orang Tionghoa memaksanya mengubur dalam-dalam impian tersebut. Padahal,...

Close