Strategi Metric Mendominasi Bisnis Kabinet Premium

Berawal dari sebuah bisnis berskala kecil pada tahun 1994, PT Panel Asri Perkasa kini telah berevolusi menjadi pabrikan besar yang memproduksi kabinet premium Metric Premium Cabinetry System atau yang biasa dikenal dengan Metric.  Pabrik Metric yang masuk kategori modern dengan skala besar kini telah tersebar di Jakarta dan Surabaya. Serta dilengkapi dengan 13 ruang pamer yang berada di berbagai kota-kota besar Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Bali, Surabaya, Medan dan Makassar.

Rekam jejak selama puluhan tahun membuat Metric dikenal luas sebagai jagoan pembuatan cabinetry system di Indonesia. Metric memiliki ribuan pelanggan setia yang mempercayakan penataan dan pembuatan furnitur untuk rumah tinggal, apartment, villa, hingga ruang kantornya kepada Metric. “Sejak awal merintis memang kami posisikan metric sebagai merek premium yang menyasar pasar menengah atas. Tak terasa 23 tahun sudah, Metric dipercaya dari generasi ke generasi menjadi pilihan para pelanggan untuk cita rasa dan kualitas premium dalam sebuah rancangan dan produksi custom furnitur,” ujar Yeon Wen Han, Direktur Metric Premium Cabinetry System dalam rilis yang diterima redaksi SWA pagi ini (16/3).

Salah satu set kabinet premium kreasi Metric

Lebih lanjut Wen Han memaparkan, sebagai produk berstandar internasional, Metric senantiasa mengadopsi desain serta kualitas produk-produk unggulan Eropa. Untuk mencapai hasil produksi berkualitas prima, semua panel kabinet diproduksi secara modern dengan mesin-mesin berteknologi tinggi dan pengawasan yang ketat terhadap seluruh proses pekerjaan dan pemilihan bahan baku yang digunakan, mulai dari pemotongan, pengeboran, hingga penyambungan dan pengeleman. Hasil produksi nantinya berbentuk modul-modul siap pasang, dengan akurasi maksimal dan ukuran yang presisi, menjamin kesesuaian antara ruang dan furnitur pada saat pemasangan.

Selain kualitas finishing yang rapih dan umur produk yang tahan lama, Metric dengan jeli  meramu sentuhan elegan dan ciri khas personal pelanggan, kemudian menyempurnakannya dengan aksen yang mewah. “Kesan inilah yang senantiasa menjadi identitas bagi produk-produk Metric,” tegas Wen Han.

Metric, lanjut  Wen Han, memahami bahwa perkembangan eksplorasi kreatif pada rancangan furnitur, harus berjalan seiring dengan upaya pemanfaatan ruang hidup yang semakin efisien. Konsep furnitur terintegrasi yang memadukan antara keindahan design dan pemanfaatan ruang secara optimal, kini menjadi pertimbangan utama dalam memilih furnitur.

Awalnya cukup sulit memberikan pemahaman ke pasar soal konsep furnitur terintegrasi atau personalisasi dalam rancangan furnitur. Kebanyakan pembeli lebih senang, membeli produk massal dengan bentuk-bentuk jadi yang umum. “ Namun kadang setelah dibawa ke rumah, ternyata tidak sesuai dengan tema atau ruang yang tersedia. Pada akhirnya, mereka merasa kecewa,” jelas Wen Han.

Wen Han melihat bahwa trend itu kini telah berubah seiring dengan peningkatan kualitas hidup masyarakat. Masyarakat kini menjadi lebih cerdas dan lebih terbuka terhadap personalized custom furnitur. Konsumen kini menyadari bagaimana furnitur mampu berfungsi sebagai sebuah investasi jangka panjang yang layak untuk turut diperhitungkan dan direncanakan pembeliannya sama seperti saat membeli kendaraan mewah, atau aset lain seperti berlian, real-estate hingga karya seni. “Pembelian furnitur umumnya dilakukan dengan ekspektasi penggunaan minimal sampai 10 tahun. furnitur yang baik harus punya staying-power, dalam segi rancangan maupun ketahanan produk. Mereka tidak kehilangan valuenya meskipun dalam rentang waktu yang panjang,” urai Wen Han.

Salah satu kunci sukses Metric dalam merebut hati para pelanggan adalah melalui layanan purnajual berkualitas prima. Tim purnajual yang fokus dan cepat tanggap, disiapkan untuk dengan segera merespons beragam pertanyaan dan keluhan pelanggan pasca pemasangan. Tak terkecuali permintaan-permintaan pelanggan yang sifatnya khusus, seperti relokasi furnitur atau penambahan detail baru.  “Misalnya suatu waktu, client memutuskan untuk pindah rumah, dan mereka ingin tetap membawa furnitur lama mereka ke rumah yang baru, tim purnajual Metric siap melakukan re-design dan mengurus semua proses bongkar - pasang hingga furnitur lama dapat sesuai ditempatkan pada destinasinya yang baru. Semua ditindak lanjuti dengan cepat. Kami upayakan yang terbaik untuk mengakomodir semua kebutuhan pelanggan,” tutur Wen Han.

Menurut Wen Han, perjalanan usaha hingga seperti saat ini, tidaklah diraih dalam sekejap. Begitu banyak tantangan dan kesulitan yang harus dihadapi. Namun demikian, dinamika perusahaan dan prestasi yang terus tumbuh menandakan besarnya kepercayaan masyarakat pada profesionalitas tim kerja dan kualitas produk Metric. Kini, diusianya yang ke-23, Metric kian sibuk berbenah, berinovasi dan terus memperkuat tekad untuk terus menjadi premium brand. “Sungguh merupakan sebuah kebanggaan yang tak ternilai, dapat merayakan hari ulang tahun perusahaan yang ke-23. Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kepercayaan yang diberikan oleh para pelanggan dan stakeholder selama ini,“ tutup Wen Han.

Tags:

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)