Berkenalan Dengan Saksi Bisu Sejarah Semarang, Klenteng Sam Poo Kong

Berkelana di kota Semarang memang menawarkan banyak rasa. Mulai dari godaan kulinernya, hingga banyaknya destinasi tersembunyi yang tak bisa Anda temui di tempat lain tersaji di sini. Salah satu cara terbaik menikmati Semarang adalah dengan mencicipi wisata sejarahnya yang cukup menarik. Seperti yang ditawarkan oleh salah satu Klenteng (rumah ibadah umat Kong Hu Tju) tua bernama Sam Poo Kong, yang akan mengajak Anda menyelami sejarah Semarang dari kaca mata peradaban tiongkok dan nusantara di masa lampau.

(Photo courtesy of: wisata-kotasemarang.blogspot.com) (Photo courtesy of: wisata-kotasemarang.blogspot.com)

Klenteng Sam Poo Kong didirikan pada sekitar awal abad ke-15. Berdiri tegak di kawasan yang sekarang menjadi Jalan Simongan Raya, Klenteng megah dengan luas mencapai 1000 meter persegi ini menyimpan banyak kisah menarik, salah satu yang paling terkenal ialah kisah persinggahan Laksamana Cheng Ho. Kisah inilah yang kemudian paling sering dituturkan oleh para pemandu wisata di sini.

Laksamana Cheng Ho sendiri merupakan seorang penjelajah laut yang berasal dari negeri Tiongkok. Menurut sejarah, Laksamana Cheng Ho tiba di pulau Jawa pada sekitar abad ke-16. Perjalanan yang melelahkan, membuatnya harus singgah di Klenteng Sam Poo Kong yang justru malah membuatnya menjadi tonggak sejarah penting bangsa Indonesia, di mana toleransi antar sesama pemeluk agama dan kehidupan yang ber-Bhinneka dicontohkan pertama kali oleh peristiwa ini.

Sebagai seorang yang berdarah Tionghoa, Laksamana Cheng Ho menganut keyakinan sebagai seorang muslim. Saat dirinya singgah di Klenteng Sam Poo Kong, Ia pun memberi contoh bahwa kehidupan saling bertoleransi sangatlah penting, tak segan dirinya beribadah secara muslim di Klenteng tersebut, sementara awak kapal lain yang menganut Buddha, Taoisme, hingga Kong Hu Tju bisa beribadah dengan tenang di tempat yang sama.

Kisah persinggahan Laksamana Cheng Ho ini sendiri diabadikan dalam bentuk patung raksasa yang bisa disaksikan oleh wisatawan saat mengunjungi Klenteng ini. Ditambah lagi, sejarah Cheng Ho semakin hidup ketika mengamati relief yang mengisahkan perjalanan Cheng Ho hingga tiba di pulau Jawa.

(Photo courtesy of: wisata-kotasemarang.blogspot.com) (Photo courtesy of: wisata-kotasemarang.blogspot.com)

Adapun bangunan utama Klenteng memiliki berbagai ornamen yang didominasi oleh warna merah, mulai dari dinding, tiang, hingga rentetan lampion-lampion berwarna merah juga menghiasi bagian langit-langit bangunan. Buat Anda yang hobi berfoto ria juga cocok untuk dilakukan di sini.

Meski fungsi utamanya untuk tempat ibadah, Klenteng Sam Poo Kong bisa dikunjungi oleh siapa pun, tak terbatas oleh agama hingga ras. Klenteng terbuka bagi siapa saja yang ingin menyaksikan sejarah keaneka ragaman masyarakat nusantara di masa lalu.

Airy Rooms Airy Rooms

Klenteng Sam Poo Kong juga rajin mengadakan acara-acara penting, salah satunya ialah Festival Peringatan Kedatangan Cheng Ho ke Semarang. Festival ini diadakan setiap tahun di antara bulan Juli hingga Agustus. Jadi pastikan jika Anda ingin merasakan pengalaman penuh di sini, Anda bisa berkunjung di antara bulan-bulan tadi. Oh ya, Klenteng ini juga ramai dan seru saat perayaan Imlek tiba lho.

Nah, bagaimana sepertinya seru juga mengunjungi Semarang saat liburan nanti. Jangan lupa untuk pesan hotelnya terlebih dahulu di Airy Rooms. Ahlinya penyedia hotel murah di Semarang yang bisa Anda manfaatkan sekarang juga.

Airy Rooms adalah jaringan hotel budget terbesar dan terpercaya di Indonesia yang menyediakan kamar hotel berkualitas dengan harga yang sangat murah. Anda bisa menikmati 7 fasilitas terbaik yang tersedia seperti AC, TV layar datar, perlengkapan mandi, tempat tidur bersih, shower air hangat, air minum, hingga jaringan WiFi gratis. Asyik kan? Yuk pesan kamarnya sekarang juga lewat aplikasi Airy Rooms di Android dan juga iOS. Cara bayarnya gampang, Anda cukup transfer atau juga bisa dengan kartu kredit. Info lebih lanjut kunjungi www.airyrooms.com. (Adv.)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)