Strategi Kompas Mengoptimalkan Brand Value Lewat Event

Titus Kitot KS - General Manager Marketing Division Kompas

Titus Kitot KS – General Manager Marketing Division Kompas

Media massa kini terus “berevolusi” melampaui mediumnya. Bukan sekadar penyampai kabar, media massa merupakan sebuah brand yang juga bersaing di industrinya. Oleh karena itu, tak heran jika para pemainnya menjadi kreatif dalam berinovasi untuk meningkatkan citra dirinya. Salah satunya, Harian Kompas. Surat kabar yang terbit sejak 1965 ini perlahan tapi pasti terus bertransformasi mengoptimalkan brand value melalui penyelenggaraan signature event.

General Manager Marketing Division Kompas Titus Kitot KS menuturkan, penyelenggaraan event memang belakangan makin digencarkan oleh Kompas. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan brand value Kompas. Sejak tahun lalu, Kompas bahkan membentuk divisi tersendiri untuk mengurusi terlaksananya event Kompas. “Kami melihat inisiatif untuk mengorganisasikan beberapa event ini memang penting untuk mengoptimalisasikan citra brand kami,” ungkapnya.

Pada beberapa kesempatan ia mengemukakan, penyelenggaraan event memang dilakukan dengan menggandeng stakeholder lain. Dalam acara Kompas100 CEO Forum, misalnya, harian Kompas bekerja sama dengan PT Bank Negara Indonesia (Persero) untuk menghadirkan diskusi yang dihadiri oleh 100 pemimpin perusahaan berpengaruh di Indonesia dan para menteri. Dalam perhelatan ini, hadir pula Presiden Joko Widodo sebagai pembicara kunci.

Lukminto Wibowo - General Manager Event Kompas

Lukminto Wibowo – General Manager Event Kompas

General Manager Event Kompas Lukminto Wibowo mengungkapkan, dalam setahun, terdapat lebih dari 65 event yang dihelat oleh Harian Kompas. Jenisnya pun bermacam-macam mulai dari skolastik, seperti diskusi dan workshop, hingga kegiatan outdoor, dan kegiatan yang melibatkan komunitas.

Ia menjelaskan, dalam setiap penyelenggaraan event, harian Kompas tetap memegang komitmen peran media massa, yaitu menjadi “medium” yang menjadi jembatan antara pemangku kepentingan dan masyarakat serta menginspirasi. Berangkat dari komitmen itu, setiap acara yang diselenggarakan oleh harian Kompas didesain untuk “memanggungkan” Indonesia, baik dari sisi keindahan, potensi alam, maupun mengangkat sumber daya manusia Indonesia. Dalam acara “Jelajah Sepeda”, contohnya, Kompas berusaha mengajak pencinta sepeda untuk berolahraga sambil menikmati panorama dan mengenal kekayaan budaya Indonesia. “Goal dari Jelajah Sepeda tidak semata-mata bersepeda sehat. Tapi, lebih jauh dari itu, untuk merajut Nusantara,” tutur Lukminto.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
Mau Tahu Strategi WOM Go-Jek?

Masih ingat layanan Go-Date pada April Mop lalu? Ini adalah konten kampanye Go-Jek yang mendulang Word of Mouth (WOM) di...

Close