KPC ‘Semangat Membara’ Terapkan Program Keberlanjutan

Keberadaan perusahaan dan kontribusinya bagi lingkungan sekitar adalah dua hal yang kerapkali menjadi pertanyaan besar. ‘Apa yang perusahaan sudah lakukan untuk masyarakat di sekitar wilayah operasional perusahaan?’ atau ‘program-proram Corporate Social Responsibility (CSR) apa yang sudah diimplementasikan oleh perusahaan?’.

Isu mengenai keberlanjutan ini yang menjadi komitmen bagi PT Kaltim Prima Coal (KPC). Memegang prinsip keberlanjutan dengan Semangat Membara, perusahaan penghasil batu bara ini melaksanakan operasional pertambangan batubara yang bertanggung jawab. KPC memiliki berbagai program keberlanjutan yang beragam baik dari sisi peningkatan efisiensi untuk tetap beroperasi dan menjalankan tanggung jawabnya di bidang ekomomi, sosial, dan lingkungan.

Komisaris KPC R.A. Sri Dhamayanti (memegang trophy) berfoto bersama dengan manajemen KPC lainnya setelah menerima trophy Winner SRA dari Senior Advisor NCSR Sarwono Kusumaatmadja

Komisaris KPC R.A. Sri Dhamayanti (memegang trophy) berfoto bersama
dengan manajemen KPC lainnya setelah menerima trophy Winner SRA dari
Senior Advisor NCSR Sarwono Kusumaatmadja

Pertama, program efisiensi dan improvement di lingkungan internal, melalui penghematan bahan bakar fosil, melakukan inovasi efisiensi untuk kelancaran operasional pertambangan, pemanfaatan oli bekas, konservasi sumberdaya energi air dan listrik. Kedua, pengembangan masyarakat KPC. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian masyarakat pascatambang, melalui program peningkatan pendidikan dan pelatihan termasuk pemberian beasiswa, pemagangan, dan peningkatan kesehatan masyarakat.

Selain itu, pengembangan agribisnis, peningkatan usaha kecil dan menengah, peningkatan infrastruktur masyarakat, pelestarian alam dan budaya serta peningkatan kemampuan/ kapasitas masyarakat atau lembaga masyarakat atau kelompok masyarakat. Hal ini dilakukan dengan mendorong sinergitas dan kolaborasi dengan berbagai pihak masyarakat, dan perusahaan lain di wilayah sekitar tambang dan pemerintah dalam rangka mencapai tujuan bersama.

Tanggung jawab terhadap konsumen pun menjadi salah satu concern perusahaan. Melalui penerapan lima sila dalam pemasaran batubara, antara lain Konsistensi Mutu, Bebas Kontaminasi, Kehandalan Pengiriman, Responsif, dan Fleksibel. Kemudian tanggung jawab di bidang sosial, dengan menghormati hak karyawan untuk tergabung dalam organisasi serikat pekerja, meningkatkan kompetensi karyawan melalui berbagai pelatihan yang sesuai, menerapkan sistem keselamatan dan kesehatan kerja, dan keamanan.

Daftar penghargaan yang diterima oleh KPC

Daftar penghargaan yang diterima oleh KPC

“Respon positif ditunjukkan oleh para stakeholder, baik masyarakat, tokoh adat, dan pemerintah (lokal, regional dan pusat). Mereka memberikan apresiasi atas kepedulian KPC kepada masyarakat dan lingku-ngan serta penghargaan kepada KPC yang juga taat pada aturan dan UU yang berlaku. Selain itu konsumen semakin menaruh kepercayaan kepada kami,” ungkap Wawan Setiawan, General Manager External Affairs & Sustainable Development PT Kaltim Prima Coal.

Lalu bagaimana perusahaan mengukur kebermanfaatan dan keberhasilan program? Menurutnya masing-masing program memiliki Key Perfomance Indicators (KPI) yang berbeda sesuai dengan Logical Framework Analysis (LFA), lalu apa input dan output-nya. Tidak hanya itu, kegiatan monitoring dan evaluasi pun dilakukan secara rutin.

KPC juga menerapkan sistem keterbukaan mengenai informasi operasional perusahaan, melalui Sustainability Report sejak tahun 2004 — Pada waktu itu bernama Sustainable Development Report. Sejak tahun 2009 diganti menjadi Sustainability Report. Karena dinilai paling transparan dan mesuai dengan standar Global Reporting Initiative (GRI G4), anak perusahaan PT Bumi Resources Tbk ini kembali meraih juara pertama dalam ajang Sustainability Reporting Award (SRA) tahun 2016, yang diselenggarakan oleh National Center for Sustainability Reporting (NCSR). Ini merupakan penghargaan yang diterima perusahaan untuk ke-10 sejak tahun 2007. Bahkan KPC pernah dua kali dinobatkan sebagai The Best Overall Reporting.

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
Mandiri Secara Finansial, Ini Caranya

Semua orang ingin mencapai kemandirian secara finansial. Caranya, dengan menyusun rencana keuangan sedini mungkin. Perencanaan keuangan akan memungkinkan seseorang untuk...

Close