Corporate Action Corporate Action

Sinergi Nielsen-Fractal Mengukur Efektivitas Iklan Outdoor

Jpeg

Industri periklanan merupakan industri yang bergairah untuk dijalani. Banyak perusahaan melakukan promosi dengan cara memasang iklan. Persentase terbesar adalah pemasangan iklan di televisi dengan porsi 93%. Setelah itu, di manakah perusahaan-perusahaan akan beriklan? Jawabannya adalah di media luar ruangan atau outdoor.

Mengiklankan produk melalui media luar ruangan seperti bilboard dan videotron masih menjadi pilihan bagi beberapa perusahaan,terutama perusahaan yang bergerak di bidang cigarete, perbankan dan real estate. Hal ini dipicu dengan hampir dua pertiga persentase konsumen yang pergi keluar rumah baik di hari kerja maupun di dalam rumah. Sedangkan sebanyak 25% konsumen yang menghabiskan waktu di luar rumah, rata rata menghabiskan waktu sekitar 1 hingga 2 jam.

Masalah yang terjadi adalah banyak orang yang tidak paham bagaimana melakukan pengukuran terhadap efektifitas media luar ruangan ini. Untuk itulah, dua lembaga riset terbesar di Indonesia, Nielsen Holdings dan Fractal Indonesia mengadakan kerja sama untuk mengatasi hal ini.

“Kami senang dapat bermitra dengan Fractal. Kemitraan ini membuka peluang yang sangat baik untuk memberikan perspektif baru bagi klien. Iklan di luar ruangan sangat umum dipersepsikan sebagai investasi yang mahal untuk media karena memerlukan usaha yang lebih keras untuk menjalankannya, dan efektifitasnya belum terukur jelas. Dengan adanya kejelasan mengenai iklan luar ruang, para pengiklan akan terbantu untuk membuat keputusan mengenai investasi mereka,” ujar Agus Nurudin, Managing Director Nielsen Indonesia.

Dengan sindikasi pengukuran media ini, pengiklan dari berbagai industri seperti perbankan, telekomunikasi, FMCG, dll akan dapat melakukan lanskap untuk media ruang. Pengukuran ini menggunakan 3 variabel di antaranya adalah monitoring dan analisa persaingan lokasi, membuat standar dengan memonitor iklan supaya memungkinkan pengiklan untuk mengetahui harga yang tepat untuk lokasi mereka dan lokasi pesaing. Serta menggambarkan profil sasaran pengiklan, peluang media yang dilihat oleh konsumen, dan jangkauan atau frekuensi efektifitas kampanye iklan.

“Kemitraan kami menandai sebuah terobosan dalam industri media ruang. Kami adalah yang pertama di Indonesia dalam menyediakan sindikasi pengukuran media di luar ruang. Pertanyaan yang selalu diajukan adalah mengenai kompetensi, lokasi, target sasaran dan Investasi,” ujar Reza Sjarief, Managing Director Fractal Indonesia.

“Layanan ini kami harap mewujudkan komitmen dalam memberikan layanan yang lebih baik dalam menentukan strategi promosi di luar ruangan,” tutup Reza. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved