PSA Group Akuisisi Opel

PSA Group, pemilik merek Peugeot, DS dan Citroen (Perancis) , Senin (6/3) membuat kesepakatan dengan General Motors (AS) untuk membeli kepemilikan saham dengan membeli Opel dari General Motors (GM) senilai 2,2 Miliar Euro atau senilai Rp 31,2 triliun. Dengan akuisisi ini PSA Group menjadi raksasa terbesar kedua di Eropa setelah Volks Wagen (VW).Opel

Seperti diberitakan Reuters (6/3), menjual Opel yang telah ada di bawah payung GM selama hampir 90 tahun ini menjadi pilihan terbaik. Pabrikan gagal mencapai target untuk balik modal pada 2016. Bahkan, karena Opel, perusahaan otomotif Amerika itu mengalami kerugian US$ 9 miliar dolar sejak tahun 2009. Sementara itu, bagi PSA, dengan mengakuisisi Opel,secara otomatis membuat pangsa pasar PSA mereka menjadi 16 persen di Eropa. Saat ini mereka berada di belakang Volkswagen yang menguasai 24 persen pasar.

Sebelum mengakuisisi Opel, CEO PSA Group Carlos Tavaris berniat bertemu dengan Perdana Menteri Inggris Theresa May. Kunjungannya ke Inggris tersebut mempertegas keinginan PSA Group untuk membeli unit bisnis GM di Eropa. Sebelumnya, bos PSA Group ini telah bertemu dengan Kanselir Jerman, Angela Merkel.

Pembicaraan Tavaris dengan PM Inggris itu berfokus pada persoalan nasib karyawan di pabrik Vauxhall di Liverpool dan Luton paska akuisisi. Paska Inggris keluar dari Eropa (Brexit), pelaku industri khawatir terjadinya pengurangan karyawan. Pabrik Vauxhall memiliki karyawan sekitar 4.500 orang.

Seperti diberitakan www.caradvice.com, PSA berjanji tidak campur tangan soal internal di Opel termasuk masalah karyawan dan menghormati serikat pekerja perusahaan otomotif itu. Pabrikan otomotif terbesar di Prancis itu juga berkomitmen investasi di pabrik Opel Jerman hingga tahun 2020 yang dilakukan secara bertahap. Namun, tidak dijelaskan komitmen investasi PSA di divisi usaha perusahaan otomotif Amerika, GM itu. “Kami yakin, kondisi Opel/Vauxhall bisa berbalik dan tumbuh berkat dukungan kami," kata Tavares optimistis.

Hingga tahun 2026 mendatang, PSA berharap akan menghemat biaya operasional sebesar 1,7 miliar euro setelah akuisisi Opel. Di tahun yang sama, PSA juga berharap meraih keuntungan naik 6% melalui Opel dan Vauxhall (nama Opel di Inggris). PSA dan GM Eropa mencetak pendapatan sebesar US$ 76 miliar dan mengirim 4,3 juta kendaraan tahun lalu. (Rian S/Berbagai Sumber)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)