Corporate Action

Grup Eurokars Ambil Alih Mazda di Indonesia

Grup Eurokars Ambil Alih Mazda di Indonesia

PT Mazda Motor Indonesia (MMI) resmi tutup. Agen tunggal pemegang merek (ATPM) asal Jepang ini resmi mengakhiri bisnisnya di Indonesia pada Februari 2017 dan mengalihkan bisnis nya ke Grup Eurokars lewat anak usahanya PT Eurokars Motor Indonesia (EMI). Kedua perusahaan tersebut telah sepakat dalam perjanjian pengambilalihan dan EMI akan mulai beroperasi pada Februari 2017 mendatang.

Pasar kendaraan bermotor di Indonesia yang dinamis dan kondisi pasar yang berubah dengan begitu cepatnya, menjadi alasan MMI untuk mengalihkan bisnis distribusi kendaraan dan suku cadang Mazda kepada PT Eurokars Motor Indonesia. Selain itu, alasan lainnya ialah untuk melokalkan manajemennya agar lebih efisien.

EMI yang merupakan anak usaha Eurokars Grup akan bertindak sebagai dealer baru Mazda di Indonesia, mendistribusikan kendaraan Mazda di Singapura dan bertindak sebagai dealer Mazda di Australia. Di ketiga pasar tersebut, EMI mampu menciptakan kontribusi yang diperhitungkan bagi perkembangan merek Mazda. “Dengan keahlian dan pengalaman yang dimiliki dalam bisnis mobil di Indonesia, Eurokars Grup akan meningkatkan penjualan yserta mampu meningkatkan pelayanan kepada konsumen Mazda,” ucap Keizo Okue, Presiden Direktur MMI.

Keizo Okue, Presiden Direktur PT Mazda Motor Indonesia

Keizo Okue, Presiden Direktur PT Mazda Motor Indonesia

Kabar mengenai tutupnya MMI di indonesia ini cukup mengejutkan. Karena lewat perusahaan yang berdiri sejak 2006 lalu, merek Mazda kembali berkibar di kancah bisnis otomotif di Tanah Air. Berbagai produk Mazda pada 2015 lalu berhasil menarik minat para pecinta otomotif. Total penjualan sebesar 9.334 unit atau naik 2% dari tahun 2014. Total penjualan Mazda ini didominasi oleh produk SUV andalannya, New Mazda CX-5 sebanyak 48%, kemudian diikuti oleh All New Mazda2 sebesar 32% dimana produk hatchback unggulan Mazda ini juga berhasil mencatat pertumbuhan sebesar 67% di tahun 2015

Tak hanya itu, All New Mazda2 juga berhasil memperoleh pangsa pasar sebesar 9,8%, kemudian Mazda CX-5 sebesar 11,8%, serta Mazda Biante sebesar 34,7%. Pencapaian ini telah sukses membawa kenaikan pangsa pasar Mazda secara keseluruhan sebesar 0.1% menjadi 0.9% di tahun 2015, meskipun pangsa pasar otomotif nasional secara umum menurun sekitar 13.7%.

MMI juga berhasil meraih berbagai penghargaan bergengsi seperti pencapaian peringkat pertama dari J.D. Power Asia Pacific untuk performa layanan pelanggan dalam J.D. Power Asia Pacific 2015 Indonesia Customer Service Index (CSI) Study dan juga penghargaan dari Auto Bild Awards 2015 yang menobatkan All New Mazda2 sebagai Auto Bild 2015 Car of The Year, sekaligus menjadi Best Compact Hatchback dan juga menjadi jawara untuk kategori Best Fuel Consumption.

Produk andalan Mazda lainnya seperti New Mazda6 juga dinobatkan sebagai Best Big Sedan, sedangkan New Mazda CX-5 terpilih sebagai Best Medium SUV. Penghargaan khusus lainnya pun diraih oleh MMI dalam kategori APM Care for Community. MMI juga membentuk tim Customer Relationship Coordinator (CRC) Mazda untuk mengedukasi tenaga service advisor dan perawatan kendaraan di dealer-dealer resmi Mazda, terutama untuk produk-produk Mazda yang telah mengadopsi teknologi SKYACTIV. Dengan pengambilalihan Eurokars, maka status Mazda di Indonesia berubah dari ATPM menjadi importir resmi dari Mazda Motor Corporation-Jepang.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved