CSR Kao Indonesia Fokus pada Edukasi | SWA.co.id

CSR Kao Indonesia Fokus pada Edukasi

PT Kao Indonesia, perusahaan toiletris asal Jepang, secara konsisten mengedepankan edukasi dalam kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility) mereka. Perusahaan yang dikenal dengan merek Biore, Attack, Merries, Men’s Biore dan Laurier ini meyakini dengan konsisten dan fokus di edukasi terutama pada anak-anak akan memberikan dampak yang lebih mengena dalam jangka panjang bagi Indonesia.

Beberapa upaya dilakukan dalam rangka edukasi ini. Salah satunya adalah dengan meningkatkan pemahaman anak-anak tentang pentingnya menjaga kebersihan diri dan lingkungan hidup. Sejak tahun 2016 untuk mendukung edukasi tersebut Kao menjalin kerja sama dengan YCAB (Yayasan Cinta Anak Bangsa) yang didirikan oleh Veronica Colondam melalui program Anak Kao.

Program Anak Kao ini awalnya diharapkan dapat memberikan edukasi dengan menjangkau 1.800 anak, tapi melalui kerja keras bersama antara Kao dan YCAB, program ini berhasil melampui target awal hingga 70 persen atau menjangkau 3.070 anak di wilayah Jakarta, Cikarang dan Karawang.

“Kao Indonesia menyadari pentingnya pendidikan kesehatan kepada generasi muda Indonesia. Visi ini juga sejalan dengan visi dari YCAB. Dalam menjalankan program ini. Kami mengunjungi sekolah-sekolah dan mengajarkan kepada anak-anak bagaimana menjaga kebersihan pribadi mereka dengan modul yang disiapkan bekerjasama dengan Kao Jepang. Mere juga didorong untuk mengikuti lomba melukis lingkungan Kao untuk Anak-anak sehingga akan timbul kesadaran mengenai lingkungan,” ujar Pratomo P. Aritedjo, Senior Manager Human Capital Department PT Kao Indonesia.

Gilbert Claymondt, Direktur Program YCAB yang hadir mewakili Veronica mengamini apa yang disampaikan Pratomo. Gilbert menuturkan, sejak 1999 hingga sekarang yayasan ini telah menjalankan program pencegahan penyalahgunaan narkoba dan meningkatkan gaya hidup sehat anak-anak dan remaja di 22 propinsi di Indonesia. “Kami sudah menjangkau 3 juta remaja yang tergabung dalam program ini,” ujarnya.

Zaenal Abidin, Guru SD Mekar Mukti 06 Cikarang Utara, sangat berterima kasih dengan program ini karena sangat berguna bagi anak-anak agar memahami cara merawat diri dan bagaimana menjaga lingkungan dengan lebih baik secara detil. “Kami berharap program ini terus berjalan dan ada evaluasi agar terlihat bagaimana progress anak-anak ini dari edukasi yang diberikan,” imbuhnya.

Selain itu langkah Kao menumbuhkan kepedulian pada lingkungan hidup secara rutin setiap tahun dengan mengadakan lomba lukis anak bertema lingkungan hidup. Program yang sudah diadakan sejak 2010 itu pada tahun ini mengusung tema Eco Together. Tahun ini di ajang internasional itu anak-anak Indonesia berhasil merebut 6 gelar juara di Lomba Melukis Lingkungan Kao itu. Karya anak-anak Indonesia disandingkan dengan karya anak-anak dari 54 negara. Pada lomba tersebut peserta diminta menggambarkan berbagai cara yang dapat dilakukan dalam aktivitas sehari-hari untuk menjaga lingkungan.

Tahun ini Indonesia mengirimkan total 6.238 karya. Jumlah ini mengalami kenaikan yang cukup signifikan dari tahun lalu yang berjumlah 4.228 karya. Tahun ini peserta yang berpartisipasi lebih 5.000 karya dari yang ditargetkan. “Kita hanya punya satu bumi, mari kita jaga buni tetap sehat dan hijau,” ujar Michitaka Sadawa, CEO Kao Indonesia.

Noriko Inoue, Kao Corporation Jepang juga mengapresiasi antusiasme anak-anak yang turut berpartisipasi dalam ajang ini. Menurutnya Kao sebagai perusahaan toiletris nomor satu yang dikenal ramah lingkungan dengan produknya Attack sebagai salah satu produk yang hemat penggunaan air dalam pencucian akan terus secara konsisten menularkan nilai cinta lingkungan itu pada anak-anak.

“Pabrik kami dikenal rendah energi dalam pembuatan produknya, ini membuktikan kami sangat memperhatikan lingkungan dalam proses produksinya,” tutur Noriko. Penghargaan ‘Kao Prize’ pada ajang lomba lukis anak internasional yang diadakan Kao ini diraih oleh Viola Arielle Suliandy (12 tahun). Viola, sebagai salah satu peraih penghargaan Kao Prize, merupakan salah satu pemenang yang diberangkatkan ke Jepang untuk menerima penghargaan tersebut langsung dari Chief Executive Officer Kao Group Michitaka Sawada. Lukisan-lukisan yang menjadi pemenang dipamerkan di booth Kao pada acara pameran Eco-Pro 2016, sebuah acara besar yang diselenggarakan di Tokyo Big Sight pada tanggal 8-10 Desember 2016.

 

Editor : Eva Martha Rahayu

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
Auto2000
Auto2000 Optimistis terhadap Pasar Otomotif di 2017

Toyota Sales Operation Auto2000 menyikapinya dengan optimistis pasar otomotif di tahun 2017. Pasalnya, pada Januari tersebut dealer jaringan terbesar Toyota...

Close