SGM Eksplor Dukung GERMAS

Buah dan sayur adalah komponen penting dalam menu makanan sehat dan bergizi yang bermanfaat dalam mendukung pertumbuhan optimal anak. Namun, masih banyak anak yang tidak mendapatkan porsi harian sesuai dengan kebutuhan yang direkomendasikan. Sebanyak 97,7% dari anak di bawah usia 5 tahun di Indonesia, tidak mengonsumsi cukup buah-buahan dan sayuran.

Nah, sebagai upaya untuk mengajak masyarakat mulai membiasakan diri mengonsumsi sayur dan buah setiap hari, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan bersama 20 Kementerian dan lembaga terkait pada November 2016 telah mencanangkan program nasional Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). Program ini berfokus pada tiga aktivitas utama, salah satunya mengonsumsi buah dan sayur.

Sebagai kontribusi dan dukungan nyata dalam mendukung program nasional GERMAS, Sarihusada melalui produk susu pertumbuhan SGM Eksplor dengan buah & sayur kembali meluncurkan “PAUD Healthy Eating Habit (HEH)” yang akan dilaksanakan di 20 PAUD di daerah Jakarta, Tangerang dan Jawa Barat. Program ini merupakan salah satu cara untuk mewujudkan Indonesia sehat dan menanamkan kebiasaan mengonsumsi buah dan sayur sejak kecil.

Peresmian program PAUD Healthy Eating Habit dihadiri oleh Kepala Sub Direktorat Kurikulum, Direktorat Pembinaan PAUD, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Kurniati Restuningsih, M.Pd dan Ketua Umum Himpunan Pendidik & Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) Prof. Dr. Ir. Hj. Netty Herawati, M.Si.

Frieda Handayani Kawanto, Sp.A(K), Konsultan Gastrohepatologi Anak mengatakan, sangat penting mengomsumsi buah dan sayur agar kesehatan saluran cerna optimal, baik bagi anak maupun orang dewasa. Buah dan sayur mengandung vitamin dan mineral yang tidak diproduksi oleh tubuh, oleh sebab itu penting bagi kita mengonsumsi buah dan sayur dalam jumlah cukup sesuai Angka Kecukupan Gizi (AKG) yang telah ditentukan berdasarkan kelompok umur. Dalam buah dan sayur terdapat serat yang merupakan nutrisi penting, namun seringkali dalam keseharian tidak dikonsumsi dalam jumlah yang cukup.

Untuk itu, orang tua sebaiknya memiliki pengetahuan yang cukup tentang manfaat serat sehingga dapat jeli dalam memilih dan memberikan makanan yang berserat tinggi (terdapat pada buah dan sayur) kepada anak. Serat membuat anak merasa kenyang dan membuat saluran cerna bergerak aktif. Diet tinggi serat mencegah anak mengalami sembelit (konstipasi). Serat juga mengandung vitamin dan mineral yang dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit tidak menular (non-communicable disease) seperti penyakit jantung, beberapa jenis kanker, dan obesitas.

Menurut dr. Frieda, rekomendasi asupan serat pada anak dibuat berdasarkan kebutuhan energi, usia, dan berat badan anak. Cara mudah untuk memastikan anak mendapat cukup serat adalah dengan memberikan pilihan makanan sehat dan memastikan anak mengonsumsi sedikitnya 5 porsi buah dan sayur setiap hari bersama dengan jenis makanan lain. Juga, menerapkan rumus ‘Usia (dalam tahun) + 5’, misalnya anak usia 4 tahun memerlukan ‘4+5’ sama dengan 9 gram serat setiap hari.”

Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psikolog, menambahkan, sesungguhnya, feeding style atau cara pemberian makan yang tepat dapat memberikan begitu banyak manfaat buat anak. Manfaat yang didapat di antaranya adalah mengurangi resiko obesitas, menstimulasi kemampuan berkonsentrasi, meningkatkan ketekunan, bahkan sarana belajar berbagai keterampilan sosial.

“Berbagai manfaat ini berkembang kurang optimal apabila anak kurang mengasup buah dan sayur, dan cara pemberian makannya kurang tepat. Contoh cara pemberian makan yang kurang tepat adalah mencekoki anak, terus menyuapi, ataupun membiarkan anak makan sambil menonton atau bermain,” jelas Anna. Itulah sebabnya, penting bagi orang tua memiliki bekal pengetahuan dan keterampilan cara pemberian makan yang tepat bagi anak, agar makan buah dan sayur menjadi sesuatu yang menyenangkan bagi anak.

Diana Beauty, Brand Manager SGM Eksplor Buah & Sayur, menjelaskan, sebelumnya pernah digelar di 6 PAUD tahun 2016, kali ini PAUD Healthy Eating Habit menjangkau lebih banyak PAUD dengan program-program baru yang lebih menarik dan menjawab kebutuhan bunda. “SGM Ekpslor dengan buah dan sayur berupaya memperkenalkan dan meningkatkan kesukaan anak terhadap buah dan sayur melalui cara yang menyenangkan,” dia menegaskan.

Seluruh rangkaian program akan berlangsung selama 6 minggu di 10 PAUD di daerah Jakarta dan Tangerang, dilanjutkan dengan 10 PAUD di Jawa Barat. Program ini meliputi penyediaan makanan bergizi, buah-buahan dan sayur-mayur, serta susu pertumbuhan SGM Eksplor dengan buah & sayur bagi 1.000 anak didik di PAUD.

Tahun ini, program dilaksanakan secara berkala mulai bulan Maret hingga September 2017. Tidak hanya melibatkan anak-anak PAUD, program ini juga melibatkan orangtua dan guru dalam bentuk parenting class. Selain itu, dihadirkan celebrity chef untuk berbagi resep masakan kreatif dalam bentuk cooking class agar ibu-ibu lebih kreatif lagi dalam mengolah buah dan sayur sebagai menu makan si Kecil sehari-hari. Ada juga kelas hidroponik agar ibu dapat menanam sayur dan buah sendiri di rumah. Anak-anak juga dibekali berbagai permainan dan aktivitas interaktif anak seperti kerajinan tangan, berkebun, serta gerak dan lagu melalui jingle baru SGM Eksplor dengan buah dan sayur.

Melalui program ini, SGM Eksplor berharap agar ibu-ibu di Indonesia menyadari pentingnya pemenuhan gizi seimbang bagi anak-anak melalui edukasi tentang gizi dan pola makan sehat, termasuk di dalamnya konsumsi buah dan sayur. “Kami percaya bahwa tumbuh kembang optimal anak harus didukung tidak hanya oleh nutrisi yang tepat, tetapi juga edukasi yang efektif. Program HEH ini menyasar orang tua dan anak dengan cara yang interaktif, menyenangkan dan berkesinambungan,” ucapnya.

Bila hanya one-shot program saja, perubahannya tidak akan berkelanjutan. Dan kuncinya adalah keterlibatan aktif orang tua dan guru dalam program ini agar memahami manfaat buah dan sayur, serta menguasai cara memberikan buah dan sayur yang lebih efektif untuk anak. Dengan para orang tua bergantian menyediakan buah dan sayur setiap hari untuk anak-anak mereka di PAUD, mereka jadi lebih semangat untuk mempraktekkannya di rumah masing-masing.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
Pemerintah Janjikan Insentif untuk Industri Mebel

Industri furniture dan kerajinan Indonesia membutuhkan uluran tangan dari pemerintah. Presiden Joko Widodo menyambut positif dan berjanji mengerahkan segala upaya...

Close