TAM Bangun Toyota Organic Village

PT Toyota Astra Motor (TAM), melalui kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) di bidang lingkungan, menggelar program Car for Tree dengan membangun fasilitas Toyota Organic Village (TOV) di Desa Mlaten, Demak, Jawa Tengah. TOV merupakan fasilitas gudang dan penggilingan padi organik, pembinaan petani organik, pembinaan proses pasca panen, distribusi hingga akses pasar. Untuk program ini, TAM bekerjasama dengan Institut Pertanian Bogor. Selain program TOV, TAM tahun ini juga membuat program CSR lainnya di bandung dan Makassar.

Menurut Henry Tanoto, Vice President Director TAM, pihaknya menganggarkan dana Rp 20 miliar untuk program tahun 2017, dan jumlah tersebut biasanya akan naik setiap tahunnya. “Kami selalu menyisihkan sebagian profit Toyota untuk CSR. Dalam hal ini kami biasanya lebih mendengarkan kebutuhan daerah-daerah itu seperti apa, tidak hanya di Jakarta tapi juga daerah-daerah lain,” katanya (Rabu 8/3).

TAM sebelumnya sukses membangun dan memberdayakan berbagai fasilitas lingkungan sejak 2010, seperti Ancol Eco Park dan Taman Semanggi di Jakarta. TOV adalah bagian dari perluasan program Car for Tree, yang kali ini melalui pemberdayaan petani melalui pertanian berbasis organik di desa Mlaten, Demak, Jawa Tengah. Kegiatan ini, antara lain, bertujuan untuk mengoptimalkan potensi sumber daya lokal sebagai salah satu daerah penghasil beras terbesar di Jawa Tengah.

Pembangunan TOV tersebut, tambah Henry, sejalan dengan semangat Toyota Let's Go Beyond dan Toyota Berbagi. Program TOV diharapkan dapat memainkan peran dalam pemberdayaan komunitas masyarakat petani dengan keunggulan lokal yang dimiliki untuk semakin memahami pertanian berbasis organik yang manfaatnya sangat besar.
"Terciptanya pola pertanian ramah lingkungan akan berdampak terhadap kualitas lingkungan sekitar yang semakin membaik sehingga mampu mewujudkan masyarakat petani dengan pola agribisnis berkelanjutan untuk taraf hidup yang terus meningkat" ujarnya. Toyota Organic Village

Untuk program TOV di Demak, TAM mengucurkan dana Rp 2,5 miliar. Sedangkan untuk program CSR di Bandung TAM menghabiskan dana Rp 9 miliar yang digunakan untuk merevitlisasi taman lalu lintas untuk edukasi masyarakat terutama pelajar. Taman tersebut selain untuk edukasi lalu lintas juga sebagai tempat hang out warga Bandung. Di Makassar, Sulawesi Selatan, TAM membantu pemerintah setempat dengan pembudidayaan terumbu karang untuk membuat ekositem laut terjaga dengan baik.

Toyota Organic Village di desa Mlaten sudah mulai dimulai sejak November 2016 lalu. Selain membangun fasilitas pabrik dan rice milling unit, juga memberikan penyuluhan kepada para petani yakni praktek pembuatan pupuk, benih dan pestisida organik, bantuan pendanaan dan pelatihan sarana produksi, sistem budidaya padi organik, pasca panen dan pengolahan hasil. Dalam mengimplementasikan program ini, Toyota turut dibantu oleh mitra dan pendamping, yaitu Yayasan Arga Citra 23. (Rian S)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)