Telkom Berikan Bantuan BLC untuk Daerah 3T

PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk, kembali memberikan bantuan perangkat komputer untuk membangun Broadband Learning Center (BLC) di daerah-daerah yang masuk dalam kawasan 3T ; terdepan, terluar dan terpencil. Menurut Direktur Jaringan dan Solusi IT, Abdus Somad Arief yang menyerahkan bantuan tersebut, pihaknya akan memberiaknnya merata di semua daerah 3T yang tersebar hampir diseluruh propinsi di Indonesia.

Secara simbolis, Telkom menyerahkan bantuan perangkat komputer kepada SMAN 1 – Sabang, NAD, mewakili daerah terluar paling barat Indonesia. SMAN 2 – Nunukan Kalimantan Utara mewakili daerah perbatasa paling utara. SMAN 1 – Soe NTT mewakili daerah terpencil paling selatan dan SMK Ketrampilan 9 – Merauke mewakili daerah terluar paling timur.

“Semoga bantuan ini bisa mendukung sekolah-sekolah ini yang akan ikut ujian nasional berbasis komputer (UNBK),” ujar Abdus. Selain itu, daerah-daerah yang masih mengandalkan akses jaringan lewat satelit seperti NTT dan Papua akan diganti dengan serat optik pada 2019 mendatang. Dengan demikian diharapkan tidak ada lagi kesenjangan akses internet.

Muhammad Arsy, siswa kelas XII SMAN 2 – Nunukan mengaku, ia dan teman-temannya yang sedang mempersiapkan diri mengikuti ujian nasional terbantu dengan kehadiran BLC di sekolahnya. “Kami bisa mencari materi tambahan untuk belajar dan mulai berlatih untuk ikut UNBK,” ujarnya.

Selain BLC, di sekolah-sekolah tersebut juga aktifkan aplikasi Pustka Digital (PaDi). Melalui PaDi para siswa bisa mengakses buku-buku pelajaran dari beberapa penerbit seperti Balai Pustaka secara gratis.

Lebih jauh Abdus berharap kelak dengan infrastruktur telekomunikasi yang semakin merata di Indonesia bisa melahirkan pemimpin-pemimpin masa depan dari kawasan 3T tersebut.

Editor : Eva Martha Rahayu

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)